Single Focus

Kokokuno Ajak Kembali ke Masa Lalu Lewat Roti Gempal

"Roti Gempal juga tidak menggunakan bahan pengawet. Proses pembuatannya homemade, jadi lebih sehat," ucapnya.

Kokokuno Ajak Kembali ke Masa Lalu Lewat Roti Gempal
surabaya.tribunnews.com/delya oktovie
Roti gempal ala Kokokuno 

SURYA.co.id | SURABAYA - Satu lagi jajan lawas yang tampil lebih kekinian. Yaitu, roti gempal yang memiliki masa kepopulerannya tersendiri di masa lalu. Kini, roti gempal dihadirkan kembali oleh tiga sahabat, dengan nama 'Kokokuno'.

Kokokuno dijadikan nama kerena seluruh pemiliknya merupakan koko-koko, istilah dari bahasa Hokkien yang berarti kakak laki-laki.

Arti lain, Kokokuno juga kepanjangan dari 'kongkow-kongkow kumpul nongkrong'.

"Kebetulan kami bertiga adalah koko-koko yang hobi makan, dan zaman sekarang, sudah banyak roti kekinian. Kami buat yang berbeda dengan konsep roti zaman dulu," tutur Wahyudi Santoso, Minggu (22/9).

Selain itu, Kokokuno juga menyediakan topping lain, yakni keju, nougat, milo, cokelat keju, srikaya dan abon. Sedang topping roti yang paling kekinian, jasuke, gula mentega, ovo crunchy, keju srikaya, nougat meses, banana nutela dan pisang keju.

Jenis rotinya juga bisa dipilih antara roti susu dan gandum. Roti Kokokuno bisa dibeli utuh maupun setengah. Harga setengah mulai Rp 12.000, sedang utuh mulai Rp 19.000.

Roti gempal, diungkapkan, punya pesona sendiri, karena tekstur rotinya lebih padat. "Rotinya juga tidak menggunakan bahan pengawet. Proses pembuatannya homemade, jadi lebih sehat," ucapnya.

Topping kekinian

Hingga saat ini, Yudi menyebut, respon para pembeli cukup bagus. Kokokuno yang tokonya berada di depan Cinema 21 Royal Plaza ini disebut-sebut berhasil membawa kenangan masa lalu para pembeli.

"Pembeli nostalgia dengan roti jadul, dan sekarang kita tambahkan menu dengan topping kekinian agar up to date dengan zaman now," terangnya.

Roti gempal Kokokuno diolah dengan cara dibakar.Sebelum dibakar, roti dibelah menjadi dua terlebih dahulu. Agar cita rasa roti tetap terjaga, maka dibakarnya tidak terlalu lama yaitu hanya tujuh menit.

Selama dibakar, suhu panggangan harus diatur agar tetap stabil yaitu 150 derajat celsius. Usai dibakar, pada bagian tengahnya langsung diolesi krim rasa vanila maupun moka.

Roti kekinian cheese toast juga hadir di Kokokuno, yakni roti isi keju, yang kejunya meleleh dan bila disobek bagain tengahnya, kejunya bisa molor. Ada lima varian cheese toast, mulai original, strawberry, matcha, ovomaltine, sampai smoked beef. 

Di Tangan Wiwied, Jajanan Jadul Jadi Lebih Kekinian

Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved