Berita Jember

Bupati dan DPRD Jember Belum Membahas R-APBD Jember 2020

Bupati dan DPRD Jember belum membahas Rancangan APBD Kabupaten Jember tahun anggaran 2020 sampai pekan keempat bulan September 2019.

Bupati dan DPRD Jember Belum Membahas R-APBD Jember 2020
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Bupati Jember, Faida 

SURYA.co.id | JEMBER - Bupati dan DPRD Jember belum membahas Rancangan APBD Kabupaten Jember tahun anggaran 2020 sampai pekan keempat bulan September 2019.

Pihak eksekutif dan legislatif belum memulai pembahasan yang dimulai dari pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) R-APBD 2019.

Hal ini dikarenakan Bupati Jember Faida belum menyerahkan KUA-PPAS itu. Faida berjanji bakal segera menyerahkan KUA-PPAS tersebut.

"Dalam waktu dekat, sesegera mungkin kami kirimkan ke dewan," ujar Faida, Minggu (22/9/2019).

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi juga mengakui pihaknya belum membahas R-APBD 2020.

"Masih belum. Kami belum menerima KUA-PPAS," ujar Itqon.

Itqon menambahkan, kemungkinan pihak eksekutif menunggu kesiapan Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

"Mungkin juga masih menunggu lengkapnya Alat Kelengkapan DPRD," imbuhnya.

Alat Kelengkapan DPRD Jember memang belum lengkap hingga September 2019. Anggota dewan Jember hasil Pileg 2019 baru dilantik Agustus lalu. Pimpinan dewan definitif baru dilantik pekan lalu.

Mulai pekan ini, DPRD Jember baru akan menyusun alat kelengkapan dewan yakni Badan Legislasi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, dan Badan Kehormatan. Dewan juga harus menyusun komposisi Komisi yang bakal ditempatkan di empat Komisi di DPRD Jember.

"Jadwal pembahasan dengan eksekutif juga menunggu jadwal dari Bamus (Badan Musyawarah). Karenanya menunggu lengkapnya alat kelengkapan dewan dulu. Kami targetkan bisa selesai satu sampai dua pekan. Karena 60 persen anggota DPRD Jember adalah orang baru, semoga energinya juga baru sehingga bisa bekerja secara cepat," tegas Itqon.

Jika mengacu pada tahun 2018, di bulan September, pihak eksekutif dan legislatif Jember sudah mulai membahas R-APBD Jember tahun 2019. APBD Kabupaten Jember tahun 2019 dari sisi Pendapatan lebih dari Rp 3,622 triliun, dan dari sisi Belanja mencapai lebih dari Rp 3,973 triliun.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved