Berita Pamekasan

WCDI Pamekasan Bersihkan 6 Ton Sampah di Pesisir Pantai Tlanakan, 80 Persen Plastik Kresek

WCDI Pamekasan Bersihkan 6 Ton Sampah di Pesisir Pantai Tlanakan, 80 Persen Plastik Kresek

WCDI Pamekasan Bersihkan 6 Ton Sampah di Pesisir Pantai Tlanakan, 80 Persen Plastik Kresek
Tribun Madura/Kuswanto Ferdian
Petugas DLH Pamekasan saat mengangkut sampah hasil bersih-bersih pantai di pesisir Pantai Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (21/9/2019). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Ribuan relawan World Clean Up Day Indonesia (WCDI) Pamekasan sudah melakukan bersih-bersih sampah di bibir Pantai Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (21/9/2019)

Kegiatan itu digelar bersamaan dengan momentum Gerakan Bersih Sampah Dunia yang diselenggarakan serentak di 158 negara di dunia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Amin Jabir mengatakan setelah dilakukan gerakan bersih-bersih, sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 6 ton.

"Sampah yang saat ini dikumpulkan sekitar 6 ton dan sekitar dua truk. Biasanya dua truk itu identik dengan 4 ton," kata Amin Jabir kepada TribunMadura.com (Grup SURYA.co.id).

Amin Jabir juga mengutarakan sampah seberat 6 ton itu merupakan sampah basah.

"Kebetulan kita timbang ada sekitar 6 ton sampah yang sudah kita bawa ke TPA untuk dilakukan penanganan yang lebih baik," ujarnya.

Rata-rata, lanjut Amin Jabir sampah yang paling banyak dikumpulkan yakni sampah plastik kresek dan dipastikan hampir 80 persen sampah plastik.

"Sudah dua kali WCDI di Pamekasan ini digelar, pertama di Pantai Talang Siring dan yang kedua di Pesisir pantai Tlanakan. Dan ini berdarsarkan persetujuan pemerintah daerah akan menjadi kegiatan rutin tahunan," ungkapnya.

Lebih lanjut Amin Jabir berharap, efek dari kegiatan bersih-bersih sampah ini dapat diterima oleh pemerintah desa untuk kedepan bisa membangun kepekaan membuat program dua bulan untuk melakukan aksi bersih-bersih ini.

"Lebih dari itu lagi desa bisa membangun sistem tata pengelolaan persampahan yang permanen untuk bisa bekerjasama dengan DLH, kami siap mensupport dari pembina dan sarana pendukung, yang penting ada niat baik dari pemerintah desa," pungkasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Akira Tandika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved