Tegaskan Jaga Netralitas, Hipakad Jatim Komitmen Dukung Penyelenggara Pilkada 2020

"Secara organisasi, kami berada di pihak yang netral. Kami tidak ikut dalam memberikan keberpihakan," ujar Priyo.

Tegaskan Jaga Netralitas, Hipakad Jatim Komitmen Dukung Penyelenggara Pilkada 2020
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Hipakad Jatim, Priyo Effendi berziarah di Taman Makam Pahlawan Sepuluh November di Surabaya dalam rangkaian acara ulang tahun Hipakad Jatim di Surabaya, Jumat (20/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Tingkat 1 Jawa Timur berkomitmen ikut menyukseskan gelaran pilkada 2020 di 19 kabupaten/kota. Sekalipun demikian, Hipakad menegaskan tetap akan menjunjung tinggi netralitas.

Hal ini disampaikan Ketua Hipakad Jatim, Priyo Effendi. "Secara organisasi, kami berada di pihak yang netral. Kami tidak ikut dalam memberikan keberpihakan," ujar Priyo di sela acara ulang tahun Hipakad Jatim di Surabaya, Jumat (20/9/2019).

Meskipun demikian, Hipakad tetap mendorong para anggotanya berperan aktif dalam memberikan pilihan. Namun, tanpa menggunakan atribut Hipakad.

"Namun, apabila sudah lepas baju, silakan saja mendukung. Sebab, dukungan itu hak dan itu dijamin. Setiap individu memiliki kewenangan untuk memilih," katanya.

Apalagi, banyak anggota Hipakad yang berafiliasi dengan berbagai partai politik. Sehingga, tanpa menggunakan nama organisasi, kader Hipakad diperbolehkan memberikan dukungan.

"Yang bergabung di Hipakad kan berasal dari berbagai macam partai dan aliran. Sehingga, kebebasan ini yang diberikan. Sekali lagi, asal tidak memakai baju (hipakad)," katanya.

Berdasarkan penjelasannya, saat ini struktur Hipakad telah terbentuk di 22 kabupaten/kota. Secara akumulasi, jumlahnya mencapai ribuan anggota.

Di bidang sosial kemasyarakatan yang lain, Hipakad juga berkomitmen ikut membantu pemberantasan narkoba oleh pemerintah. "Tak bisa dipungkiri, kami melihat maraknya narkona, bahkan bukan hanya regional namun nasional," katanya.

Sebagai anggota Hipakad, pihaknya akan membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan. "Sehingga, generasi muda tidak terjerumus terhadap narkoba," katanya.

"Kedepan, fokus kami adalah membantu pemerintah melakukan pencegahan. Kami juga bisa melakukan pengintaian kepada pelaku penyalahgunaan narkoba untuk memberikan laporan awal," katanya.

Pada momentum perayaan hari jadi Hipakad, Priyo berharap Hipakad akan semakin besar dan menjadi wadah komunikasi para putra-putri keluarga Angkatan Darat. "Harapannya, para anggota harus bisa mengamankan rasa kebanggaan di masing-masing dada mereka," katanya.

"Kalau ada kebanggaan, Hipakad bisa menjadi besar," katanya.

Selain diikuti ratusan anggota Hipakad Jatim, acara ini juga dihadiri oleh Panglima Kodam V Brawijaya, Mayjend TNI R Wisnoe Prasetja Boedi. Wisnoe berpesan kepada Hipakad untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Juga, meningkatkan kemampuan sumber daya. Sehingga, bisa memberikan sumbangan kepada bangsa," katanya.

Di dalam rangkaian perayaan ulang tahun tersebut, Hipakad Jatim juga berziarah di Taman Makam Pahlawan Sepuluh November di Surabaya. Mereka melakukan tabur bunga di sejumlah makam pahlawan. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved