Citizen Reporter

Mengenal Komunitas Berbagi Nasi Bungkus Gratis SNSH di Kota Malang

SNSH awalnya hanya sebuah keinginan beberapa orang untuk berbagi. Namun, semakin lama mereka berpikir untuk menyeriusi dan mengajak lebih banyak orang

Mengenal Komunitas Berbagi Nasi Bungkus Gratis SNSH di Kota Malang
ist/Citizen Reporter
Komunitas SNSH 

SURYA.co.id - Khoirun naas anfaa’uhum linnaas. Kalimat itu memotivasi beberapa mahasiswa untuk bergerak membangun sebuah komunitas berbagi yang mereka namai Satu Nasi Satu Hati (SNSH).

Dinamai demikian sesuai dengan kegiatannya, yakni berbagi beberapa kotak nasi setiap Jumat dan Minggu untuk orang-orang di jalanan yang membutuhkan, seperti pemulung, penjual yang telah renta, dan sebagainya.

Paket nasi yang dibagikan merupakan paket dengan sajian terbaik dan bergizi yang telah dipesan di katering langganan.

Ahmad Fahril Aziz, founder SNSH mengatakan, sebenarnya SNSH awalnya hanya sebuah keinginan beberapa orang untuk berbagi. Namun, semakin lama mereka berpikir untuk menyeriusi dan mengajak lebih banyak orang untuk bergabung.

“Kami buatkan akun Instagram dan terus memublikasi kegiatan ini. Alhamdulillah dari situ banyak yang antusias. Mereka berminat bergabung dan banyak juga yang ingin menjadi donatur,” ungkap Fahril.

Anggota SNSH yang kebanyakan mahasiswa mengadakan pertemuan kembali setelah masa liburan, Minggu (15/9/2019).

Pertemuan yang dilaksanakan pukul 16.00 di kedai Kopi Pean itu membahas cara untuk mengajak para orang baik agar bergabung dengan komunitas yang telah berdiri hampir setahun itu.

Dalam pertemuan itu, Fahril yang juga merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjelaskan, kemasan paket nasi di SNSH akan menggunakan packaging yang lebih baik.

Awalnya digunakan sterofoam dan beralih ke kotak karton, dengan harapan lebih higienis.

“Selain itu, juga akan ada kolaborasi kebaikan antara SNSH dengan Kartini Travel yang merupakan salah satu jasa travel yang terkenal di Malang, dengan kode kebaikan #satunasisatuhati.

Pelanggan yang menggunakan jasa travel akan menikmati perjalanan sekaligus ikut berkontribusi menyumbangkan satu kotak nasi bagi yang membutuhkan,” imbuh Fahril.

Fahril juga mengimbau agar para anggota untuk tidak bosan menjadi orang baik yang senantiasa menebar kebaikan kepada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Saat ini SNSH yang berpusat di Malang ini telah memiliki cabang di Surabaya dan Jombang.

Harapannya, SNSH ini bisa semakin berkah dan bisa melebarkan sayapnya agar lebih banyak orang-orang baik yang senang menabur benih kebaikan kepada sesama.

Auly Muftiha Nurfauziah
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab
Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
auly.mufti@gmail.com

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved