Berita Sidoarjo

Bupati Saiful Ilah Berharap Tidak Ada Lagi Penolakan dari DPRD Sidoarjo yang Baru

Pemkab dan DPRD itu mitra. Kalimat tersebut berulang-ulang dikatakan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat berpidato di depan anggota DPRD yang baru.

Bupati Saiful Ilah Berharap Tidak Ada Lagi Penolakan dari DPRD Sidoarjo yang Baru
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Empat pimpinan DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 saat dilantik di gedung DPRD Sidoarjo, Jumat (20/9/3019) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pemkab dan DPRD itu mitra. Kalimat tersebut berulang-ulang dikatakan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat berpidato dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 di gedung dewan, Jumat (20/9/2019).

Bupati Sidoarjo berharap, program-program pemerintah tidak lagi ditolak-tolak oleh anggota dewan.

"Karena program-program itu juga untuk masyarakat," kata Saiful Ilah.

Pimpinan dewan yang sudah dilantik dan semua anggotanya, diharapkan bersedia selalu mendukung pemerintah.

"Pemkab dan dewan itu levelnya sama, jadi hendaknya selalu berjalan bersama," lanjut bupati dua periode tersebut.

Dalam pembahasan anggaran, program pembangunan, dan berbagai hal lain, diharapkan selalu mengedepankan kerjasama yang harmonis. Tidak saling menyalahkan.

Seperti diketahui, selama ini banyak program pemerintah yang ditolak oleh DPRD Sidoarjo periode 2014-2019. Seperti pembangunan gedung 17 lantai, penggunaan skema KPBU dalam rencana pembangunan rumah sakit barat, dan sejumlah program lain.

Karenanya, Pemkab Sidoarjo berharap kejadian-kejadian itu tidak terulang pada dewan periode 2019-2024.

Dan sepertinya, gayung bersambut. Usman selaku Ketua DPRD yang baru, dalam beberapa kesempatan sudah menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung program-program pemerintah.

Pada Rapat Paripurna ini, empat pimpinan DPRD Sidoarjo resmi dilantik. Usman sebagai Ketua dewan, Bambang Riyoko wakil ketua dari PDIP, Emir Firdaus dari PAN, dan Katan sebagai wakil ketua dari Gerindra.

Setelah pelantikan, paripurna kembali digelar dengan agenda pengumuman penetapan nama fraksi-fraksi dan seluruh pimpinan serta anggota fraksi. Ada tujuh, yakni Fraksi PKB yang diketuai Abdillah Nasih, PDIP Ketua fraksinya Suyarno, PAN-PPP ketua Adi Samsetyo, Fraksi Golkar ketuanya Warih Andoni, PKS diketuai Deni Harianto, dan Nasdem-demokrat ketuanya M Sohib.

"Setelah paripurna, kami para pimpinan juga langsung menggelar rapat dengan para pimpinan fraksi. Banyak tugas yang harus segera diselesaikan," ujar Usman usai paripurna.

Beberapa yang mendesak itu, diantaranya adalah pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Karena tanpa AKD, dewan sulit berbuat. Termasuk pembahasan PAK (perubahan anggaran keuangan) 2019.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved