Citizen Repoter

Keseruan Berlari Menembus Alas Purwo Banyuwangi

Ratusan peserta ramaikan event kompetisi tersebut yang diadakan di hutan cagar biosfer dunia Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Minggu (15/9/2019)

Keseruan Berlari Menembus Alas Purwo Banyuwangi
ist/citizen reporter
Kegiatan berlangsung melewati hutan 

SURYA.co.id - Banyuwangi, tiada hentinya menyelenggarakan ajang festival, event, dan tradisi. Dan untuk pertama kalinya ajang Banyuwangi Savana Duathlon digelar.

Ratusan peserta ramaikan event kompetisi tersebut yang diadakan di hutan cagar biosfer dunia Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Minggu (15/9/2019). Tidak hanya peserta, ribuan warga turut mengiringi kompetisi bersepeda sekaligus berlari dengan sangat meriah.

Pada sesi pembukaan berlangsung sangat menarik. Kesenian tradisional setempat, seperti Jaranan Buto ikut meramaikan acara. Seluruh peserta dan warga yang hadir pun larut dalam kemeriahan acara tersebut.

Pada kompetisi ini para atlet menyusuri rute sejauh 40 kilometer dengan berlari dan bersepeda. Mereka melintasi jalan aspal yang membelah hutan Alas Purwo hingga trek sempit di antara rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi.

Sejuknya hawa hutan, suara kicauan burung hingga putihnya pasir pantai menjadi latar yang makin membuat kompetisi istimewa.

Acara tersebut juga dihadiri oleh wakil bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, bersama rekan jajaran forum pimpinan daerah Banyuwangi untuk turut serta menyemarakkan dan berbaur bersama masyarakat di Alas Purwo. Wakil Bupati Yusuf menyampaikan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga dan menjaga alam sekitar dari sampah plastik.

"Sesuai dengan arahan dari pak Bupati bahwa sampah plastik jangan sampai ada, mulai bulan depan alaspurwo ini bebas dari sampah plastik. Suasana asri ini harus dijaga dengan baik agar kelestarian lingkungan tetap lestari," kata Wabup Yusuf.

Wabup Yusuf menambahkan jika ajang ini membuat hati menjadi sangat senang dan damai karena suasana asri memberikan ketenangan dan membuat otak fresh.

Sang juara pertama lomba kompetisi Savana Duathlon di kategori A usia 18 - 39 tahun Hari Rohman mengaku sangat menikmati track di ajang ini. Selain itu, persaingan dengan peserta lain yang sangat begitu kompetitif.

"Pada start awal kita udah beradu sengit dengan rival kita, ditambah lagi dengan Track lomba ini yang begitu menantang, meskipun jalannya halus tapi banyak jalan belokan, dan banyak juga pepohonan rindang yang menghijaukan, intinya potensi alaminya disini sanagat mendamaikan hati siapapun yang berkunjung disini." kata Hari Rohman peserta asal Kedungrejo Muncar - Banyuwangi.

Tak hanya masyarakat daerah setempat saja yang mengikuti ajang kompetisi ini, tetapi juga berasal dari berbagai negara seperti Amerika, Belanda, dan Austria. Serta berbagai daerah lain di Indonesia seperti Lampung, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. ajang kompetisi ini diharapkan tidak hanya diadakan tahun ini saja tetapi dapat rutin diadakan setiap tahun.

Evan Agung Junio
Manajemen
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
@iam_evanjn10

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved