Berita Nganjuk

BPBD Kab Nganjuk Gencar Distribusikan Bantuan Air Bersih ke Wilayah Kekeringan di Sejumlah Desa

BPBD Kab Nganjuk gencar mendistribusikan bantuan air bersih ke wilayah kekeringan di sejumlah desa.

BPBD Kab Nganjuk Gencar Distribusikan Bantuan Air Bersih ke Wilayah Kekeringan di Sejumlah Desa
surya.co.id/ahmad amru muiz
Petugas BPBD Kabupaten Nganjuk mendistribusikan bantuan air bersih untuk warga Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Kamis (19/9/2019). 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk satu bulan terakhir telah mendistribusikan air bersih kepada warga.

Setidaknya ada empat Desa di dua Kecamatan di Kabupaten Nganjuk yang telah didistribusikan air bersih akibat warga kesulitan air di musim kemarau saat ini.

Kepala Bidang Pencegahan/Mitigasi dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Nganjuk, Nugroho mengatakan, bantun air bersih didistribusikan BPBD ke Desa Ngepung di Kecamatan Lengkong dan ke Desa Gampeng, Desa Lengkonglor, dan ke Desa Tempuran di Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk.

"Masing-masing titik lokasi kami distribusikan  2 hingga 4 air bersih untuk warga yang kesulitan air saat ini," kata Nugroho, Kamis (19/9/2019).

Dijelaskan Nugroho, bantuan distribusi air untuk warga yang daerahnya mengalami kesulitan air oleh BPBD Kabupaten Nganjuk setelah adanya usulan permintaan dari Pemerintah Desa. Selain itu, pendistribusian air bersih tersebut juga didasarkan oleh evaluasi di lapangan oleh BPBD Kabupaten Nganjuk.

"Jadi kalau dari hasil evaluasi lapangan berdasarkan laporan yang masuk ternyata kondisinya memang dibutuhkan air bersih maka BPBD akan langsung mengirimkan bantuan air bersih ke daerah yang membutuhkan," ucap Nugroho.

Memang, menurut Nugroho, usulan permintaan bantuan air bersih yang masuk ke BPBD Kabupaten Nganjuk masih belum banyak.  Ini dikarenakan di sejumlah wilayah di Kabupaten Nganjuk yang rawan kekeringan kondisi ketersediaan air bersih masih mencukupi.

Meski demikian, ungkap Nugroho, BPBD Kabupaten Nganjuk terus melakukan pemantauan wilayah yang dilanda kekeringan sekarang ini. Demikian pula dengan armada tanki air bersih terus dipersiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Maka dari itu, BPBD saat ini dalam kondisi siap siaga mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah yang membutuhkan bantuan air," tutur Nugroho. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved