Berita Tuban

Analisa Sementara BMKG Sebut Gempa Tuban Terjadi Karena Penunjaman Lempeng Eurasia & Indo-Australia

analisis sementara gempa Tuban terjadi karena penunjaman (subduksi) lempeng Eurasia dan Indo-Australia

Analisa Sementara BMKG Sebut Gempa Tuban Terjadi Karena Penunjaman Lempeng Eurasia & Indo-Australia
Istimewa
Informasi terkait gempa yang terjadi di perairan Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Gempa di perairan laut Tuban terjadi dua kali. Titik gempa berada 6.40 LS, 111.84 BT atau 58 km barat laut Tuban.

Tercatat gempa pertama terjadi pada pukul 14:06 WIB dengan kekuatan 5.6 skala richter di kedalaman 656 Km. Kemudian yang ke dua terjadi pukul 14:31 WIB dengan kekuatan 6.0 skala richter di kedalaman 648 Km.

Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Desindra, mengatakan penyebab terjadinya gempa di perairan laut utara Tuban diakibatkan karena aktivitas lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

Gempa Tuban Terasa di Jember, Bergetar Hingga 3 Kecamatan

Gempa Tuban, BMKG Sebut Ada 2 Kali Gempa, yang Kedua Baru Terasa Getarannya

"Kalau analisis sementara gempa terjadi karena penunjaman (subduksi) lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Tapi untuk hasil lengkapnya masih menunggu informasi dari BMKG Pusat," Ujar Kepala BMKG Tuban, Kamis (19/09/2019).

Dia menjelaskan dari hasil yang ditimbulkan gempa terasa berkekuatan 3 Modified Mercalli Intensity (MMI), jadi terasa seperti truk lewat.

Pihaknya juga telah berkodinasi dengan Pemda untuk mengecek dampak kerusakan yang ditimbulkan. Tapi sampai sekarang memang belum ada data kerusakan masuk.

"Tadi di kantor terasa, kalau ada susulan akan kami informasikan lebih lanjut. Di Tuban tidak begitu terasa," pungkasnya.

Rilis BMKG menyebut, daerah yang terdampak gempa di perairan laut Tuban di antaranya, Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa, Bima III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Lalu Cilacap, Purworejo, Yogyakarta, Lumajang, Tuban, Trenggalek, Surabaya, Bandung dengan kekuatan II-III MMI.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved