Citizen Reporter

Pengukuhan Duta Baca Smanawa Malang

Kelompok PPL KKN Unisma bekerja sama dengan Tim Literasi SMAN 9 Malang (Smanawa) menyelenggarakan pengukuhan Duta Baca Smanawa

Pengukuhan Duta Baca Smanawa Malang
ist/citizen reporter
Pengukuhan Duta Baca Smanawa Malang 

SURYA.co.id - Kelompok PPL KKN Universitas Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan Tim Literasi SMAN 9 Malang (Smanawa) menyelenggarakan pengukuhan Duta Baca Smanawa, Senin (2/9/2019). Rangkaian kegiatan yang dimulai pada 18 Agustus 2019 itu menetapkan Rizky Dwi Purnomo, siswa kelas XI IPA sebagai juara Duta Baca Smanawa.

Peserta Duta baca diikuti 28 peserta dari seluruh kelas X dan XI SMAN 9 Malang. Duta Baca Smanawa yang digagas oleh kelompok PPL KKN Unisma dan Tim Literasi SMAN 9 Malang ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa.

Teguh Pramono, Kepala SMAN 9 Malang yang didampingi para guru dalam acara pengukuhan Duta Baca Smanawa menyatakan, program kerja kegiatan Duta Baca sekolah oleh kelompok PPL KKN Unisma menjadi bukti nyata tentang pentingnya minat baca, terutama di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Lilik Maghfiroh, Ketua Program KKN Duta Baca Smanawa mengatakan, kegiatan bertema Pilih Bukumu, Mari Jatuh Cinta pada Membaca itu bertujuan agar para siswa terdorong dan antusias dalam membaca. Salah satunya dengan menceritakan kembali buku favorit yang telah dibaca. Diharapkan kegiatan itu akan membuat para siswa jatuh cinta pada membaca.

“Kegiatan gemar membaca harus digalakkan di setiap sekolah, terlebih melihat kondisi anak muda saat ini yang gemar sekali dengan game online. Kami ingin mengajak anak muda, khususnya siswa SMAN 9 Malang untuk mulai mencintai buku dan membudayakan gemar membaca,” ujar Lilik.

Selain gemar membaca, imbuh Maghfiroh, nantinya Duta Baca Smanawajuga akan mulai menyusun progam dalam rangka mengajak siswa untuk menumbuhkan kegemaran menulis karya, seperti resensi buku, membuat antologi, dan menyusun mading. Bukan hanya kegiatan baca tulis, siswa juga juga diarahkan agar menambah wawasan literasi melalui acara seperti bedah buku dan pelatihan menulis.

“Dengan adanya program berkelanjutan ini, diharapkan anak-anak dapat mengisi waktu luang mereka dengan hal-hal yang positif. Bahkan setelah pemilihan Duta Baca Smanawa ini, kami akan meluangkan sedikit waktu untuk bersama-sama membantu anak-anak menyusun program literasi,” ujar Maghfiroh.

Di akhir pengukuhan Duta Baca, pemenang Duta Baca Smanawa mendapat piala, beberapa buku, dan sertifikat. Selain itu, Juga ada cinderamata dari Kepala SMAN 9 Malang berupa buku hasil karyanya.

“Kami berharap, kegiatan ini akan berkelanjutan dan akan terus menjadi motivasi siswa untuk gemar membaca. Apalagi kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pihak sekolah” tutup Lilik.

Hasbilah Ahmad Ferdianto
Anggota Komunitas Literasi Perpus Trotoar Malang
Trotoarpustaka@gmail.com

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved