Berita Lamongan

Musim Kemarau Diperkirakan Lebih Lama, Polres Lamongan Antisipasi Karhutla

Polres Lamongan melakukan sejumlah langkah antisipatif untuk mencegah kebakaran hutan yang mungkin terjadi saat kemarau panjang.

Musim Kemarau Diperkirakan Lebih Lama, Polres Lamongan Antisipasi Karhutla
surabaya.tribunnews.com/hanif manshuri
Simulasi pemadaman kebakaran hutan di Lamongan yang melibatkan warga. 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Kemarau tahun ini diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikia (BMKG) akan berlangsung lebih ekstrim dari tahun 2017.

Prediksi ini direspon serius oleh Polres Lamongan yang intens menggelar koordinasi antar lembaga untuk mencegah agar tak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Masih belum cukup langkah koordinasi, polres bahkan praktik lansgung memberikan simulasi untuk mengatasi Karhutla, Selasa (17/9/2019).

"Tak sekedar turun langsung ke masyarakat untuk memberi pemahaman, petugas kepolisian Lamongan juga memberikan simulasi untuk mengatasi Karhutla," kata kata Kasatreskrim Polres Lamongan, AKP Wahyu Norman Hidayat pada Surya.co.id usai kegiatan, Selasa (17/9/2019).

Menurut dia, sejumlah wilayah di Lamongan terdapat hamparan hutan sehingga harus melakukan antisipasi penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Ya, ini kami pandang perlu untuk kami gencarkan di tengah musim kemarau saat ini," katanya.

Norman mengungkapkan, beberapa wilayah di Lamongan yang menjadi sasaran kegiatan antisipasi kebakaran hutan ini diantaranya adalah Mantup, Sambeng, Ngimbang, Bluluk dan Sukorame.

Bersama Perhutani dan warga, polisi melakukan pemasangan bener himbauan agar tidak sembarangan memantik api yang bisa menjadi pemicu kebakaran.

Polisi juga terus berupaya untuk melakukan patroli gabungan bersama Perhutani yang juga dilakukan sebagai langkah antisipasi kebakaran hutan di wilayah hukum Polres Lamongan.

"Saat patroli, kami juga menyampaikan pesan serta himbauan kepada masyarakat sekitar lahan hutan agar turut menjaga supaya tidak terjadi karhutla," ungkapnya.

Ia berharap pada warga untuk segera melaporkan jika mengetahui terjadi kebakaran hutan dan Lahan di wilayahnya.

"Alhamdulillah, secara umum hutan dan lahan di Lamongan relatif aman," katanya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved