Hasil Workshop di Pustekkom kemdikbud, Ini 7 Cara Mudah Motivasi Diri untuk Menulis

Karya ilmiah merupakan momok sebagian besar orang, pasalnya untuk membuatnya ribet dan sulit. Namun, hal itu menjadi sirna saat mengikuti workshop

Hasil Workshop di Pustekkom kemdikbud, Ini 7 Cara Mudah Motivasi Diri untuk Menulis
ist/citizen reporter
suasana workshop 

SURYA.co.id - Karya ilmiah merupakan momok sebagian besar orang, pasalnya untuk membuatnya ribet dan sulit. Namun, hal itu menjadi sirna saat mengikuti workshop pengembangan artikel jurnal teknodik di Pustekkom kemdikbud yang diselenggarakan Senin-Kamis (26-29/8/2019) di Hotel Kristal Jakarta.

Workshop ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai profesi dan daerah di Indonesia yang memiliki karya dalam bidang teknologi pendidikan. Peserta yang mengikuti workshop ini sebelumnya telah mengirim karya dan harus berjuang untuk bersaing dengan 300 peserta lainnya.

Workshop diisi dengan berbagai materi penulisan yang disampaikan oleh para mentor yang telah berpengalaman dalam bidang penulisan. Berbagai materi penulisan untuk membuka cakrawala para peserta mengenai dunia penulisan yang sebelumnya dianggap susah dan ribet.

Salah satu materi yang menarik adalah 7 cara untuk mudah motivasi diri untuk menulis yang disampaikan oleh Bambang Warsita.

Tujuh cara itu adalah niatkan menulis untuk beribadah, lihat perjuangan penulis lain yang lebih sulit, selalu menulis, bergabung dengan komunitas menulis, terbuka pada perkembangan, kembangkan kualitas dan kuatitas menulis serta jadikan menulis seperti bernapas.

Materi lain yang tak kalah menariknya yaitu mengenai teknik menulis joting, yaitu teknik menulis dengan cara membabi buta. Teknik ini adalah menulis terus menerus untuk menyelesaikan sebuah karya. Pada sesi ini para peserta diminta untuk menyelesaikan tulisan dengan waktu yang telah ditentukan sehingga para peserta harus menulis sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh mentor.

Melalui teknik dan trik yang disampaikan selama workshop, para peserta menjadi lebih tertantang dan tertarik untuk menghasilkan karya. Mujahidin Agus, salah satu peserta merasa tertantang dalam menghasilkan karya dan semangat untuk menghasilkan karya  ilmiah.

“Meskipun banyak kendala tetapi dengan bimbingan mentor yang ahli dalam penulisan rasanya membuat karya ilmiah tak semudah yang dibayangkan,” kata Mujahidin Agus

Hal senada diungkapkan oleh Dwi Angga Oktavianto. Ia merasa tertantang untuk menulis.

“Modal dasar saya untuk menulis adalah nekat. Dengan modal nekat itu, saya mulai menulis dan akhirnya berhasil menghasilkan tulisan,” tuturnya.

Di akhir kegiatan, para peserta dimotivasi oleh para penulis yang telah berhasil menulis di jurnal teknodik untuk membakar semangat para peserta. Mereka juga memberikan gambaran perjuangannya dalam menghasilkan karya ilmiah.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved