Berita Madiun

Dialihkan untuk Pemukiman, Lahan Pertanian di Kota Madiun Berkurang 9 Hektare per Tahun

Saat ini di Kota Madiun luas lahan pertanian produktif sekitar 901 hektare. Setiap tahunnya, lahan pertanian mengalami penurunan satu persen

Dialihkan untuk Pemukiman, Lahan Pertanian di Kota Madiun Berkurang 9 Hektare per Tahun
SURYAOnline/Rahadian Bagus
Areal persawahan di Kartoharjo, Kota Madiun. 

SURYA.co.id | MADIUN - Setiap tahun lahan pertanian produktif di Kota Madiun, mengalami penurunan. Hal itu disebabkan alih fungsi lahan untuk pembangunan pemukiman.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Muntoro Danardono mengatakan saat ini luas lahan pertanian produktif sekitar 901 hektare. Setiap tahunnya, lahan pertanian mengalami penurunan satu persen.

Bila dihitung dari luas lahan produktif saat ini, 901 hektare. Maka apabila dalam setahun, lahan berkurang satu persen maka lahan yang berkurang sekitat 9,01 hektare

"Kisarannya sekitar itu. Setiap tahun turun satu persen," kata Muntoro saat dikonfirmasi, Selasa (17/9/2019) siang.

Dia menuturkan, lahan pertanian di Kota Madiun digunakan untuk menanam padi.

"Hasil pertanian, di Kota Madiun hanya mencukupi 2/3 kebutuhan penduduk di Kota Madiun," kata Muntaro.

Muntaro menuturkan, Pemkot Madiun sudah memiliki aturan yakni Perda no 6 tahun 2011 yany mengatur tentang lahan pertanian berkelanjutan. Aturan tersebut mengatur tentang zona hijau yang tidak boleh dialihfungsikan.

"Sepanjang perdanya masih berlaku, zona hijau tidak boleh diotak-atik," ucapnya.

Muntaro menambahkan, berkurangnya lahan pertanian akibat alih fungsi lahan dialami semua daerah perkotaan. Berbeda dengan daerah kabupaten yang bisa menambah luasan lahan pertanian dengan membuka hutan atau tegalan.

"Kita sebenarnya diupayakan agar mencari lokasi atau areal untuk menambah luas tambah tanam. Mungkin kalau di kabupaten bisa merambah hutan atau ke tegalan, tapi kalau di kota kan nggak ada," imbuhnya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved