Belajar Jadi Pemimpin Muda Lewat Kegiatan Youlead

Young Leaders (Youlead) merupakan sebuah program dari Dompet Dhuafa Pendidikan yang berfokus mencetak pemimpin muda strategis berintegritasi untuk..

Belajar Jadi Pemimpin Muda Lewat Kegiatan Youlead
ist/citizen reporter
Sambutan ketua panitia Youlead 

SURYA.co.id - Kaderisasi pemimpin bangsa harus terus berlangsung untuk mencetak penerus penggerak peradaban.

Young Leaders (Youlead) merupakan sebuah program dari Dompet Dhuafa Pendidikan yang berfokus mencetak pemimpin muda strategis berintegritasi untuk mewujudkan Indonesia berdaya.

Pemimpin muda itu diwujudkan melalui pengembangan kepemimpinan yang ditujukan kepada aktivis mahasiswa.

Merekalah yang dibentuk menjadi pemimpin muda dengan profil integritas yang kuat dan memiliki peran strategis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara guna mewujudkan Indonesia berdaya serta menjadi rujukan peradaban dunia.

Youlead menggelar Regional Leadership Training (RLT) 2019 dengan mengusung tema Kolaborasi Strategis Pemimpin Muda Berintegritas, Jumat (23/8/2019).

Peserta RLT merupakan penerima manfaat Youlead dengan jenjang pendidikan D3/S1 dari berbagai kampus yang tersebar di wilayah Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang.

Menurut Budiyanto selaku manager Bakti Nusa, mereka ingin agar RLT 2019 mampu membangun ruang dan spirit kolaborasi bagi para peserta yang berasal dari 81 kampus agar gerakan yang diinisiasi mampu menggerakan lebih banyak kalangan.

Budi meyakinkan jika RLT akan memberi dampak manfaat yang jauh lebih luas di masyarakat karena para pesertanya didapuk membangun profil pemimpin muda masa depan penuh integritas sehingga mampu mengambil peran-peran strategis di masyarakat.

“Program RLT ini membuka wawasan kebangsaan dan kepedulian sosial, karena kita diajarkan tak hanya menjadi pemimpin namun juga bagaimana cara mengelola lingkungan,” ujar Muhammad Alfarizi, penerima manfaat dari Universitas Brawijaya Malang.

Ia menambahkan, selain itu, jejaring karena yang hadir dari beragam kampus dan wilayah membuat cakupan sebaran kebaikan semakin luas. “Kami juga dibimbing untuk melakukan proyek sosial di masyarakat,” tuturnya.

Acara yang dihadiri 161 peserta berlangsung di UNS Inn, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan beragam kegiatan seperti Inspiring Leaders Talks, Leadership Sharing, Youlead Project Challenge, I’tikaf dan khotmil Quran dan dilanjut pada hari kedua di Taman Hutan Raya Karanganyar dengan agenda camping, malam kolaborasi kepemimpinan, dan outbond di hari terakhir. Kegiatan ditutup dengan doa kebangsaan yang memupuk semangat perjuangan kebangsaan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved