Berita Jember

Bahas Peluang Kerjasama, Pejabat Kedubes Kanada Bertemu Bupati Jember Faida

Bupati Jember, Faida, bertemu dengan dua pejabat kedubes Kanada yang berharap bisa membahas kerjasama di Jember.

Bahas Peluang Kerjasama, Pejabat Kedubes Kanada Bertemu Bupati Jember Faida
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Geoffrey Dean (kiri) dan Bupati Jember, Faida 

SURYA.co.id | JEMBER - Pejabat Kedutaan Besar (Kedubes) Kanada untuk Indonesia, berkunjung ke Kabupaten Jember, Selasa (17/9/2019).

Perwakilan Kedubes Kanada itu bertemu dengan Bupati Jember Faida di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember.

Ada dua orang pejabat Kedubes Kanada yang bertemu Bupati Faida yakni Kepala Bagian Politik dan Hubungan Masyarakat, Geoffrey Dean, dan First Secretary, Colin Wetmore.

Pejabat Kedubes Kanada dan bupati berbincang cukup lama di Ruang Tamyaloka Pendapa itu. Usai pertemuan tertutup dari wartawan itu, Geoffrey Dean mengatakan, kedatangan mereka ke Jawa Timur untuk penjajakan apa yang bakal bisa dikolaborasikan antara Kedubes Kanada dengan Pemkab Jember.

Selain Jember, pejabat Kedubes Kanada juga berkunjung ke Surabaya.

"Kami bertemu Bu Faida untuk menjajaki apa yang bisa dikolaborasikan antara Jember dan Kedubes Kanada," ujar Dean.

Beberapa program yang mungkin nantinya bisa dikolaborasikan, lanjut Dean, antara lain di sektor pendidikan dan pengembangan ekonomi. Pengembangan ekonomi itu antara lain manajemen pengelolaan air dan sampah.

"Mungkin program-program seperti manajemen pengelolaan air, dan sampah bisa dijadikan kolaborasi untuk pengembangan ekonomi. Kalau tentang investasi belum sampai kesana," ujar Dean. Dean mengaku dari paparan Bupati Faida, akan bisa dijajaki beberapa peluang kolaborasi antara kedua belah pihak.

"Dari paparan Bu Faida tadi banyak sekali potensi di Jember," pungkas Dean

Sementara itu, Bupati Jember Faida menegaskan banyak hal yang bisa dikomunikasikan dan dikolaborasikan dengan Kedutaan Kanada.

“Di antaranya kami berharap mereka membantu kami kalau ada investasi ke Jember,” ujar Faida.

Bupati Faida menyatakan, pejabat Kedubes Kanada sudah mencatat harapan dan prioritas Pemerintah Kabupaten Jember. Hal itu termasuk dukungan untuk penataan masterplan kota.

“Karena Kanada adalah salah satu kota modern yang mempunyai transportasi massal yang baik dan pengelolaan sampah yang baik. Kami berharap bisa kolaborasi soal itu, terutama bagaimana transportasi massal dan pengelolaan sampah,” tegasnya

Pertemuan yang berlangsung lancar itu juga membahas tentang pariwisata serta pendidikan. Untuk pendidikan, dimungkinkan adanya program 'sister city' yang bisa memberi kesempatan kepada siswa di Jember studi di Kanada sebelum ke keperguruan tinggi.

“Program ini tidak terlalu lama. Sekitar dua minggu sampai satu bulan. Sehingga lebih banyak siswa berksempatan belajar di luar negeri, dan akan memberikan pengalaman yang berharga buat mereka,” ungkap Faida.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved