Berita BUMN

PLN Optimistis Provinsi NTT Mampu Optimalkan Manfaat Energi Baru dan Terbarukan PLTS

PLN optimistis mampu mengoptimalkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

PLN Optimistis Provinsi NTT Mampu Optimalkan Manfaat Energi Baru dan Terbarukan PLTS
foto: istimewa
Dari kiri: Direktur HCM PT PLN (Persero) Muhamad Ali, Wakil Walikota Kupang Herman Man, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Nusa Cendana Siprianus Suban Garak, GM PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko, dan EVP Talenta PT PLN (Persero) Karyawan Aji dalam kuliah umum PLN grup dengan sejumlah perguruan tinggi di Kupang, NTT. 

SURYA.co.id | PLN optimistis mampu mengoptimalkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Optimisme itu tergambar dari rasio elektrifikasi yang hingga kini mencapai 73,72 persen dari sebelumnya hanya 62 persen.

Hal itu dikemukakan GM  PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) Ignatius Rendoyoko dalam Kuliah Umum bersama PLN Group dan sejumlah universitas dan perguruan tinggi di Auditorium Politeknik Kesehatan Negeri Kupang, NTT. 

“Kami melihat wilayah ini merupakan salah satu provinsi yang tertinggi dalam optimalisasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), khususnya dalam pemanfaatan energi surya melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS),"paparnya di Kupang, NTT, Jumat (13/9/2019).

Menurut Ignatius pengerjaan projek PLTS di NTT dilakukan melalui peggunaan bidang lahan tanah yang tidak produktif, sehingga nilai ekonomisnya akan bisa terkonversi melalui aplikasi PLTS.

Dalam kuliah umum yang dibuka Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi tersebut diikuti sejumlah perguruan tinggia,  antara lain Universitas Nusa Cendana; Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang;  Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang; Universitas Muhammadiyah, Kupang  dan Politeknik Negeri Kupang.

Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi berharap berbagai program pembangunan yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara  Timur dapat didukung oleh semua pihak.

Dia juga berharap PLN sebagai BUMN secara kontinu tetap melanjutkan berbagai program corporate social responsibililty (CSR) . 

“Harapannya dengan berbagai program kerjasama seperti dalam bentuk penyediaan beasiswa dan sistem vokasi serta link and match, para putra daerah ini akan mampu  memiliki pengalaman yang berbeda, dalam mengenyam pendidikan, baik di dalam dan juga sampai ke mancanegara,” tutur mantan Dubes Argentina untuk Indonesia ini.

 Milenial Teknologi di Era Industry 4.0

Kepala Jurusan Elektro dari Politeknik Negeri Kupang (PNK) Jemsrado Sine dalam kesempatan tersebut mengingatkan, para milenial harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi, sehingga dalam aplikasinya, perlu mengetahui lebih jauh resiko yang akan terjadi sebagai konsekuensi  penggunaan alat dan teknologi komunikasi digital tersebut.

Halaman
123
Penulis: Yoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved