Single Focus

Park and Ride Joyoboyo Rampung 93 Persen, Awal 2020 Dioperasikan

Di antara proyek Park and Ride lainnya, proyek terbesar yang paling dinanti mayarakat adalah Park and Ride Terminal Joyoboyo.

Park and Ride Joyoboyo Rampung 93 Persen, Awal 2020 Dioperasikan
surya.co.id/habibur rohman
Suasana luar park and ride Mayjen Sungkono. Pemkot Surabaya kini membangun park and ride serupa di Terminal Joyoboyo dan ditarget selesai awal 2020. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Di antara proyek Park and Ride lainnya, proyek terbesar yang paling dinanti mayarakat adalah Park and Ride Terminal Joyoboyo.

Park and Ride lima lantai itu sudah dikerjakan sejak awal Januari 2018 dan awal 2019 baru memasuki tahap konstruksi di lantai 3, sedangkan kini semua lantai sudah beres.

“Di awal-awal memang ada (kendala) karena sebagian tanah ada bangunan. Jadi perlu dilelang untuk dijual lagi, supaya APBD masuk Pemkot lagi. Setelah itu tidak ada masalah lagi,” tutur Ridlo Noor Wahab, Kepala Bidang Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Sabtu (14/9).

Ia mengatakan, Park and Ride Terminal Joyoboyo ini sudah 93 persen rampung. Yang belum selesai hanyalah tahap finishing seperti pengecatan, pemasangan keramik dan lampu. Sedangkan eskalator dan lift sudah selesai dipasang.

Nantinya, fasilitas di dalam Park and Ride Terminal Joyoboyo disediakan kios makanan serta taman lalu lintas. “Taman untuk pelajaran lalu lintas. Jadi pelajaran tentang rambu-rambu lalu lintas untuk anak-anak sekolah,” ucapnya.

Park and Ride Terminal Joyoboyo ini ditarget selesai Desember 2019. Gedung yang terletak di Jalan  Joyoboyo 1 itu akan memiliki fungsi sendiri-sendiri untuk tiap lantainya.

Lantai pertama, akan digunakan untuk Suroboyo Bus, serta bus kota dan pariwisata Kebun Binatang Surabaya (KBS). Lantai dua dan tiga akan dimanfaatkan untuk MPU/angkot, kemudian lantai empat dan lima sebagai alih moda kendaraan pribadi.

Terminal ini memang ditujukan sebagai stasiun intermoda, di mana mobil pribadi bisa beralih alat trasportasi umum.

“Jadi Terminal Joyoboyo itu nanti bisa juga dibuat parkir kendaraan, selain buat kendaraan umum juga untuk kendaraan pribadi,” kata Irvan Wahyudrajad, Kepala Dishub Surabaya, Sabtu (14/9).

Untuk kapasitas Satuan Ruang Parkir (SRP) per lantai, Terminal Joyoboyo diperkirakan mampu menampung kendaraan R4 sebanyak 321 SRP, roda dua atau motor ada 500 SRP, bus pariwisata sekitar 8 SRP, dan MPU/angkot 8 SRP. Selain itu, ada juga untuk sepeda angin sekitar 100 SRP.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved