Berita Mojokerto

Peserta Luar Kota Mojokerto Antusias Ikuti Ruwatan Sukerta, Warga Surabaya Berharap Masuk SMA Negeri

Sekitar 200 masyarakat Mojokerto, di antaranya, dari luar daerah mengantri prosesi Ruwat Sukerto yang digelar Pondok Tlasih 87.

Peserta Luar Kota Mojokerto Antusias Ikuti Ruwatan Sukerta, Warga Surabaya Berharap Masuk SMA Negeri
surya.co.id/febrianto ramadani
Suasana Prosesi Ruwatan Sukerta yang juga diikuti masyarakat luar Mojokerto di Pondok Tlasih 87, Minggu (15/9/2019). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Sekitar 200 masyarakat Mojokerto, di antaranya, dari luar daerah mengantri prosesi Ruwat Sukerto yang digelar Pondok Tlasih 87, Minggu sore (15/9/2019).

Sambil menunggu antrean, sebagian masyarakat menyiapkan perlengkapan prosesi ruwatan di pondok berlokasi di Dusun Sumbertempur, Desa Sumbergirang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

Seperti mengganti baju dengan kain putih yang kemudian dililitkan di sekujur badannya. 

Sebelum acara dimulai, pemangku adat memberikan pitutur luhur kepada para peserta. Kemudian, dilakukan proses Undu Undu Petirtaan, yaitu, mengambil air dari sumber mata air di Kecamatan Puri.

Sumber mata air tersebut digunakan untuk ruwatan dengan peserta masyarakat baik yang ada di Mojokerto dan di luar Mojokerto.

Selanjut tokoh adat setempat memimpin proses ruwatan mulai dari penyiraman air dari sumber petirtaan yang sudah dicampur dengan kembang setaman dan minyak. Air tersebut disiramkan tiga gayung ke kepala dan kaki peserta ruwat dengan diiringi doa-doa.

Usai disiram, rambut para peserta dipotong sebagai simbol membuang sial. Kemudian tangan diberi tali dan diikatkan sebagai simbol memperkuat tekad untuk meraih keinginan.

Tak hanya disiram, para peserta membawa botol air mineral besar untuk menampung air Ruwatan Sukerta dengan harapan untuk diminum di rumah.

Salah satu Guru Pondok Tlasih 87, Kiai Muhammad Nurul Yahdi menuturkan, para Peserta Ruwatan Sukerta mulai memadati pondok pada pagi hari.

"Proses Ruwatan kami buka pada jam 09.00 Wib. Tapi banyak masyarakat yang sudah memadati Pondok Tlasih untuk mengikuti kegiatan ini," ungkapnya, Minggu (15/9/2019).

Halaman
12
Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved