Berita Tuban

Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Tuban Dari PDI-P Diikuti 18 Orang, Ini Kata Pengamat

Terdapat 18 orang yang berniat mencalonkan sebagai Bupati maupun Wakil Bupati melalui partai besutan Megawati tersebut.

Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Tuban Dari PDI-P Diikuti 18 Orang, Ini Kata Pengamat
surya/m sudarsono
DPC PDIP Tuban menggelar rakorcab membahas pemenangan Pilkada Tuban 2020 

SURYA.co.id | TUBAN - Penjaringan bakal calon kepala daerah Pilkada Tuban 2020 yang dibuka oleh PDI-P telah berakhir, Sabtu (14/9/2019).

Sebagaimana diketahui, penjaringan dilakukan pada 5-14 September 2019.

Kemudian data calon yang akan meramaikan Pilkada harus diterima oleh DPP paling akhir 23 September mendatang.

Selama waktu pembukaan, terdapat 18 orang yang berniat mencalonkan sebagai Bupati maupun Wakil Bupati melalui partai besutan Megawati tersebut.

Di antaranya, Adi Widodo, Eko Wahyudi, Afwan Maksum, Setiajit, Aang Sutan, Santoso, M Chamim Amir, Gunawan, Suryo Widodo, Raymond.

Selain itu ada Agus Maimun, Imam Solikhin, Amir Burhannudin, Warih, Sujali, Gatot Prayogo, Yasmiatun, dan terakhir Fredy Ardliyan Syah.

Pengamat Politik Tuban, Soedjarwoto mengatakan, banyaknya calon yang mendaftar melalui PDI-P itu merupakan komitmen dan strategi politik para pejabat Partai.

Meski demikian itu tidak masalah, karena partai berlambang kepala banteng tersebut menjaring secara terbuka. Bahkan justru menujukkan kedewasaan berpolitik.

"Saya kira tidak masalah, asal perekrutannya dilakukan secara transparan," Ujar Jarwoto dikonfirmasi, Minggu (15/9/2019)

Pria yang juga sebagai dosen di salah satu kampus swasta itu menambahkan, jika memang nanti tercium aroma politik transaksional, maka diharapkan tidak mempengaruhi pola pendaftaran hingga jatuhnya rekom partai.

Sedangkan saat disinggung mengenai peluang kader untuk mendapatkan rekomendasi, ditegaskannya semua itu kembali ke kader itu sendiri.

Bagaimana caranya berpolitik, melalui proses lobbying, hingga rekomendasi dari partai berhasil digenggam oleh kader terkait.

"Ya kalau kader partai ingin mendapat rekomendasi, maka dia harus tau caranya hingga proses itu berkahir dan berbuah manis. Saya kira hal itu sudah terpikirkan," ujarnya.

Dari data sementara yang dihimpun SURYA.co.id, dari sekian pendaftar bakal calon kepala daerah melalui PDI-P tersebut, yang sebagai kader partai yaitu Afwan Maksum, Amir Burhannudin, dan Yasmiatun.

Saat ini Minggu (15/9/2019), telah dilangsungkan pleno terkait para pendaftar bakal calon kepala daerah Tuban oleh partai, setelah pendaftaran resmi ditutup Sabtu, kemarin.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved