Berita Surabaya

Golkar akan Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah se-Jatim Gratis

Partai Golkar bersiap membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah di 19 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Golkar akan Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah se-Jatim Gratis
surya.co.id/bobby constantine koloway
Plt Ketua DPD Golkar Jatim, Zainudin Amali ketika berada di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Golkar bersiap membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah di 19 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Rencananya, partai berlambang pohon beringin ini tak akan memungut biaya pendaftaran dari para calon.

Saat ini petunjuk pelaksanaan (juklak) proses seleksi tengah disusun oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Bukan hanya untuk Jatim, juklak seleksi tersebut juga berlaku untuk 270 daerah se-Indonesia yang melaksanakan pemilu serentak di 2020 mendatang.

"Kami sedang menunggu juklak dan juknis untuk 270 pilkada se-Indonesia termasuk Jatim," kata Plt Ketua DPD Golkar Jatim, Zainudin Amali kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (15/9/2019).

ZA (sapaan Zainudin Amali) hanya memastikan bahwa seluruh proses pendaftaran tanpa memungut biaya dari bakal calon. "Semua gratis," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pendaftaran menjadi salah satu mekanisme yang harus dipenuhi oleh calon yang akan diusung Partai Golkar. Hal ini berlaku bukan hanya untuk kader eksternal, namun juga kader Golkar sendiri.

Selesai pendaftaran, calon akan mengikuti serangkaian uji kelayakan dan kepatutan. Di antaranya, calon tersebut akan mengikuti survei yang dilakukan oleh Partai Golkar.

"Kalau surveinya bagus, Golkar siap mendukung," kata ZA yang juga Anggota DPR RI ini.

Kemudian, Golkar juga akan memastikan calon memiliki tekad untuk memenangkan yang kuat, di antaranya sumber logistik yang memadai.

Logistik tersebut bukan hanya pada untuk proses kampanye, namun juga pada saat pemungutan suara.

"Minimal saat proses pemungutan, calon memiliki biaya untuk saksi di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," kata ZA.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved