Berita Surabaya

Jadi Pembicara di MOFEST 2019, Risma Ingin Generasi Muda Siap Hadapi Era Perdagangan Bebas

Risma: Makanya kita harus persiapkan diri kita untuk menjadi tuan dan nyonya di negeri kita sendiri, tidak hanya jadi penonton di negeri sendiri

Jadi Pembicara di MOFEST 2019, Risma Ingin Generasi Muda Siap Hadapi Era Perdagangan Bebas
Istimewa
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menjadi pembicara dalam acara Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2019 yang digelar oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) di Dyandra Convention, Surabaya, Sabtu (14/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyatakan harapannya supaya generasi muda siap menghadapi era perdagangan bebas.

Risma menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara dalam acara Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2019, yang digelar oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) di Dyandra Convention, Surabaya, Sabtu (14/9/2019), bersama Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti.

"Tahun 2020, Indonesia akan memasuki era pedagang bebas, di mana semua produk dari seluruh dunia bisa masuk ke Indonesia, begitu pula sebaliknya," kata Risma.

Ia menyebut, ini menunjukkan bahwa generasi muda nantinya akan bersaing dengan orang-orang dari seluruh dunia.

"Makanya kita harus persiapkan diri kita untuk menjadi tuan dan nyonya di negeri kita sendiri, tidak hanya jadi penonton di negeri sendiri,” ucapnya.

Untuk mendukung generasi muda, Risma mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menjalankan berbagai program, mulai dari Pejuang Muda, pengadaan Koridor Co-Working Space, hingga beasiswa bagi masyarakat kurang mampu.

"Para peserta pejuang muda ini dilatih setiap minggunya di Kaza Mall. Mereka mendapatkan pendampingan wirausaha mulai awal merintis hingga memasarkannya. Mereka juga dilatih oleh Facebook untuk memasarkan usahanya lewat online,” jelasnya.

Ada pula program beasiswa yang menjamin siswanya bisa langsung bekerja, seperti beasiswa pilot dan pramugari yang bekerja sama dengan Citilink.

Risma lalu membagikan trik supaya berhasil menghadapi era 4.0.

Menurutnya, era tersebut merupakan era kolaborasi atau kerjasama.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved