Pilwali Surabaya 2020

Dikawal Seni 'Bantengan', Ony Setiawan Mantap Daftar Calon Wakil Wali Kota Surabaya Lewat PDIP

Ony Setiawan, kader PDI Perjuangan ikut meramaikan bursa pencalonan Wakil Wali Kota Surabaya.

Dikawal Seni 'Bantengan', Ony Setiawan Mantap Daftar Calon Wakil Wali Kota Surabaya Lewat PDIP
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Ony Setiawan, Wakil Ketua Bidang Komunitas Seni Budaya DPD PDI Perjuangan Jatim ikut mendaftar sebagai Calon Wakil Walikota Surabaya dengan diiringi kesenian tradisional Bantengan di DPD PDI Perjuangan Jatim, Sabtu (14/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ony Setiawan, kader PDI Perjuangan ikut meramaikan bursa pencalonan Wakil Wali Kota Surabaya. Pihaknya pun telah mengembalikan berkas pendaftaran ke DPD PDI Perjuangan Jatim, Sabtu (14/9/2019), sebagai bentuk keseriusan maju sebagai calon wakil wali kota.

Menariknya, Ony tak datang sendiri. Ia datang dengan diiringi kesenian tradisional Bantengan.

Bahkan, grup seni yang didatangkan langsung dari Jolotundho, Mojokerto, ini sempat melakukan tarian dilengkapi dengan berbagai atraksi di halaman DPD PDI Perjuangan Jatim.

Bantengan adalah sebuah seni pertunjukan budaya tradisi yang menggabungkan unsur sendra tari, olah kanuragan, musik dan syair/mantra. Kesenian ini sangat kental dengan nuansa magis.

Permainan kesenian bantengan dimainkan oleh dua orang. Orang pertama berperan sebagai kaki depan sekaligus pemegang kepala bantengan dan pengontrol tari bantengan.

Sedangkan orang kedua menjadi kaki belakang yang juga berperan sebagai ekor bantengan. Kostum bantengan biasanya terbuat dari kain hitam dan topeng yang berbentuk kepala banteng yang terbuat dari kayu serta tanduk asli banteng.

Bantengan ini selalu diiringi musik khas bantengan dengan alat musik berupa gong, kendang dan lain-lain. Pemain bantengan biasanya akan kesurupan dan orang yang di belakangnya akan mengikuti setiap gerakannya.

Di akhir atraksi, Ony juga sempat meminum air mineral yang sebelumnya didoakan oleh salah seorang penari bantengan. Air ritual tersebut dinilai sebagai bentuk doa agar Ony mendapatkan kemudahan dalam pencalonannya.

"Kami mendoakan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui ritual. Kami ingin Pak Ony bisa sukses di pencalonannya," kata Heri Santoso, Ketua Adat dan Budaya Jolotundo kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di sela acara tersebut.

Heri hadir bersama puluhan krunya. Ia bahkan ikut mengantarkan Ony masuk kedalam ruangan DPD PDI Perjuangan Jatim saat penyerahan berkas.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved