Berita Surabaya

Akibat Kabut Asap, Dua Penerbangan Tujuan Kalimantan Kembali ke Bandara Juanda, Lainnya Delay

Akibat jarak pandang tertutup kabut asap, dua penerbangan terpaksa harus kembali ke Bandara Internasional Juanda

Akibat Kabut Asap, Dua Penerbangan Tujuan Kalimantan Kembali ke Bandara Juanda, Lainnya Delay
SURYA.co.id/Kukuh Kurniawan
Suasana ruang tunggu di T1 Bandara Internasional Juanda, Sabtu (14/9/2019). 

Laporan Reporter, Kukuh Kurniawan

SURYA.co.id | SIDOARJO - Akibat jarak pandang tertutup kabut asap, dua penerbangan terpaksa harus kembali ke Bandara Internasional Juanda, Sabtu (14/9/2019).

Manajer Operasional AirNav Surabaya, Ibnu Hargianto mengatakan kedua penerbangan yang kembali tersebut akibat jarak pandang tidak memungkinkan.

"Ada dua penerbangan yang kembali menuju Bandara Juanda yaitu satu penerbangan Lion Air dengan kode JT 310 tujuan Surabaya ke Banjarmasin dengan waktu berangkat 05.45 WIB. Dan satu penerbangan maskapai NAM Air IN 246 Surabaya Samarinda yang berangkat pada pukul 10.41," ujar Ibnu.

Untuk penerbangan Lion Air, lanjut Ibnu, jarak pandangnya hanya mencapai 50 meter sedangkan untuk penerbangan Nam Air, jarak pandangnya hanya 500 meter saja.

"Akhirnya pilot memutuskan kembali ke Bandara Juanda demi keselamatan penerbangan. Namun sekitar pukul 09.51, penerbangan Lion Air yang RTB sendiri sudah berangkat melanjutkan penerbangan," jelasnya.

Ia juga menambahkan hal yang sama juga dialami oleh penerbangan dari bandara di wilayah Kalimantan.

"Bandara di Kalimantan juga mengalami hal yang sama dengan kita. Penerbangan yang dari Kalimantan menuju ke Surabaya juga mengalami keterlambatan karena kabut asap," tambahnya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, akibat kabut asap tersebut pihaknya terpaksa menunda penerbangan ke wilayah Kalimantan.

"Ada enam penerbangan yang mengalami delay. Yaitu Lion Air JT 222 Surabaya Banjarmasin, Lion Air JT 316 Surabaya Banjarmasin, Lion Air JT 366 Surabaya Balikpapan, Lion Air JT 680 Surabaya Palangkaraya, Lion Air JT 310 Surabaya Banjarmasin dan Lion Air JT 376 Surabaya Samarinda," bebernya.

Disamping itu, Danang juga mengatakan ada satu penerbangan dari Lion Air Group yang melakukan pembatalan penerbangan.

"Yaitu maskapai Wings Air dengan kode penerbangan IW 1804 Surabaya Sampit. Selain itu ada kemungkinan jadwal penerbangan selanjutnya mengalami potensi keterlambatan yaitu Lion Air JT 266 Surabaya Balikpapan dan Lion Air JT 268 Surabaya Tarakan," pungkasnya.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved