Berita Surabaya

Surabaya Dipuji Sukses Kembangkan Bidang Kebudayaan, Ini Tanggapan Wali Kota Risma

Kami pilih kepala daerah yang memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan kebudayaannya, salah satunya Kota Surabaya

Surabaya Dipuji Sukses Kembangkan Bidang Kebudayaan, Ini Tanggapan Wali Kota Risma
tribun jatim/yusron naufal putra
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid (tengah) saat bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini serta Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, Kamis (13/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kota Surabaya mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat terkait bidang Kebudayaan.

Bahkan, Kota Surabaya disebut bisa jadi percontohan pengembangan kebudayaan di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud), Hilmar Farid.

Menurutnya, Pemerintah Kota Surabaya sukses membangun Kota Surabaya, termasuk di bidang kebudayaan sehingga layak dijadikan percontohan pengembangan kebudayaan di Indonesia.

"Kami pilih kepala daerah yang memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan kebudayaannya, salah satunya Kota Surabaya," katanya, Jumat (13/9/2019).

Dikatakan Hilmar, pihaknya mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Surabaya yang telah melakukan banyak hal, seperti pelestarian cagar budaya dan kerap menyelenggarakan festival kebudayaan.

"Bu Risma sudah sangat ahli menggandeng stakeholder untuk pemajuan kebudayaan,” ungkapnya.

Hilmar mengatakan, agar pemajuan kebudayaan ini berkembang baik di daerah, pihaknya akan memberikan kegiatan yang subtansial, seperti menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) yang diperuntukkan pada perangkat kebudayaan.

Hilmar juga mengatakan, selain memperkuat kelembagaan, dalam mengembangkan kebudayaan perlu penganggaran yang pas.

Oleh karena itu, Hilmar juga telah berdiskusi dengan Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono.

"Anggaran di kelurahan mungkin bisa juga dipakai untuk pengembangan kebudayaan. Ini yang kita diskusikan dengan Ketua DPRD Kota Surabaya,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya senang mendapat sanjungan dari Pemerintah pusat.

Lebih lanjut, Risma menginginkan daerah lain dapat pula mengembangkan kebudayaan, lantaran kebudayaan merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang tak perlu diragukan.

“Sebetulnya saya ingin daerah lain juga berkembang. Kekayaan Indonesia itu sangat luar biasa dari sisi budaya," ujar Risma.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved