Berita Surabaya

Siswa SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya Gelar Panen Raya Hidroponik

Selama perawatan, para siswa membuat jurnal. Misalnya menuliskan penambahan air berapa mili liter, memeriksa PH, dan lain sebagainya.

Siswa SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya Gelar Panen Raya Hidroponik
surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Siswa memanen tanaman dari kebun hidroponik di halaman sekolah, Jumat (13/9/2019). Pada hasil panen tahun ke dua ini hasil panen akan dilelang serta diolah menjadi makanan siap konsumsi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Berbagai sayuran yang ditumbuhkan dan dirawat siswa dan siswi SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya dipamerkan di halaman sekolah, Jumat (13/9).

Sayurannya beragam, mulai dari kangkung, pokcoy, selada, kecambah, dan lain sebagainya.

Selain segar karena langsung dipanen seketika itu, sayuran tersebut juga dijamin sehat dan aman karena tidak menggunakan pestisida.

Tak hanya sayuran segar, juga ada olahan makanan dan minuman seperti nasi goreng, cake, dan aneka minuman sehat.

Selain dipamerkan, sayuran dan produk olahan tersebut juga dilelang kepada para pembeli yang merupakan civitas akademik sekolah dan masyarakat.

Sayuran tersebut dihadirkan dalam rangka Panen Raya Hidroponik yang digelar oleh Pemerintah Kota Surabaya dan Tunas Hijau.

"Ini memang program yang dilakukan di 320 sekolah dasar se-Surabaya. Bulan Agustus 2019, secara serentak disemai. Kali ini ada acara panen di SDN Dukuh Menanggal 1," ungkap Zamroni, presiden Tunas Hijau.

Selain diajarkan untuk menanam di lahan yang sempit, para siswa, lanjutnya, juga diajarkan berwirausaha. Para siswa sangat antusias pada gelaran Panen Raya Hidroponik itu.

Sayuran yang dipanen, lanjutnya, juga besar dan segar. Para siswa telah berusaha untuk merawatnya secara bersama-sama.

"Selama perawatan, para siswa membuat jurnal. Misalnya menuliskan penambahan air berapa mili liter, memeriksa PH, dan lain sebagainya. Para siswa juga diajarkan untuk melaporkan," paparnya.

SDN Dukuh Menanggal 1, ungkapnya, tahun lalu berhasil mendapatkan juara satu. Panen Raya Hidroponik ini, ungkapnya, telah memasuki tahun kedua.

Kegiatan tersebut, ungkap Edi Sukoco, kepala SDN Dukuh Menanggal 1, dapat menguatkan karakter para siswa dan siswinya.

"Mulai dari melatih kemandirian, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, sampai belajar bertanggung jawab," ungkapnya.

Setiap anak, lanjut Edi, memiliki tanggung jawab dalam merawat tanaman hidroponik yang telah ditanam.

"Tahun kemarin, kami mendapatkan penghargaan yaitu meraih juara pertama dan ini merupakan tahun kedua. Menurut saya, juara adalah bonus. Tujuan utama yaitu sebagai pembelajaran para siswa," ungkapnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved