Khofifah Jadikan IPAL SIER Role Model untuk LIK Magetan

Khofifah meninjau sistem IPAL kawasan industri SIER yang akan jadi role model untuk pengolahan limbah di Lingkungan Industri Kulit (LIK) Magetan.

Khofifah Jadikan IPAL SIER Role Model untuk LIK Magetan
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau IPAL di PT SIER yang akan jadi role model di Magetan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau instalasi pengolahan air limbah (IPAL) kawasan PT SIER, Jumat (12/9/2019).

Khofifah meninjau sistem IPAL kawasan industri SIER yang akan jadi role model untuk pengolahan limbah di Lingkungan Industri Kulit (LIK) Magetan.

Dalam kunjungan yang didampingi oleh direksi SIER, Khofifah meninjau pengolahan limbah mulai awal hingga akhir. Mulai pengolahan air masih berwarna coklat keruh dan berbau hingga diolah menjadi air limbah yang aman dibuang ke badan sungai.

Khofifah juga meninjau pengolahan limbah hingga ke kolam ikan nila yang membuktikan bahwa air tersebut sudah aman saat dibuang ke badan sungai karena mampu menjadi tempat hidup ikan.

"Terkait pengolahan limbah, kami berharap bahwa indikasi adanya perusahaan yang kemungkinan membuang limbah ke sungai tanpa diolah betul-betul bisa kita maksimalisasi pencegahannya," kata Khofifah.

Pemprov Jawa Timur sudah menyelenggaraan MoU dengan perusahaan di sepanjang sungai Brantas yang ia ingin bisa diikuti oleh perusahaan dan kawasan industri yang lain.

Bahkan Khofifah ingin agar ke depan akan zero perusahaan yang membuang limbah tanpa diolah.

"Suatu saat kita ingin zero. Ini kita tadi juga sudah keliling kita pastikan pengolahannya di akhir ada ikannya. Bahkan saat kita lihat air hasil pengolahannya yang dibuang ke sungai lebih bagus dari sungai," kata Khofifah.

Habitat sungai dikatakan Khofifah harus dijaga. Sehingga kualitas air limbah yang harus dibuang ke sungai harus dalam kondisi yang terolah.

Setelah memastikan bahwa kualitas air limbahnya berkualitas baik yang dibuang ke sungai, Khofifah ingin duplikasi pengolahan limbah kawasan industri di SIER bisa diadopsi untuk mengolah Lingkungan Industri Kulit (LIK) di Magetan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved