Berita Jember

Kerugian Akibat Kebakaran Rumah dan Toko di Semboro Jember Ditaksir Mencapai Rp 1 Miliar

Kerugian jiwa atau korban terluka tidak ada. Namun kerugian material terbilang besar, sekitar Rp 1 miliar. Karena tidak hanya rumah, tetapi juga toko

Kerugian Akibat Kebakaran Rumah dan Toko di Semboro Jember Ditaksir Mencapai Rp 1 Miliar
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Detik-detik kebakaran rumah dan toko di Semboro, Jember. 

SURYA.co.di | JEMBER - Kerugian akibat terbakarnya toko dan rumah di Desa Semboro Kecamatan Semboro, Jember diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. Hal ini ditegaskan oleh Kapolsek Semboro Iptu Fatchur Rahman yang dihubungi Surya, Jumat (13/9/2019).

"Kerugian jiwa atau korban terluka tidak ada. Namun kerugian material terbilang besar, sekitar Rp 1 miliar. Karena tidak hanya rumah, tetapi juga toko yang isinya barang dagangan pecah belah," ujar Fatchur.

Kebakaran melanda toko dan rumah milik pasangan H Sayuti (60) dan Hj Tutut (56) pada pukul 05.30 Wib, Jumat (13/9/2019). Api yang membakar rumah dan toko Pasutri tersebut, merembet ke rumah H Dimyati (70) yang ada di sampingnya. Akibatnya bangunan rumah, dan sejumlah isi rumah H Dimyati ludes terbakar.

Kerugian paling banyak diderita oleh Hj Tutut. Sebab sebagian besar isi toko, dan gudang yang berada di lantai dua hangus terbakar.

"80 persen barang dagangan berbahan plastik sehingga mudah terbakar," lanjutnya.

Kebakaran bermula dari hubungan arus pendek dari setrika yang sedang dipakai menyetrika baju di lantai dua. Percikan api muncul, yang kemudian merembet membakar KCD TV di dekatnya. Api terus membesar dan membakar barang dagangan yang ditempatkan di lantai dua. Lantai dua rumah tersebut sekaligus sebagai gudang penyimpan barang dagangan.

Melihat api terus membesar, penghuni rumah menyelamatkan diri. Warga pun berbondong-bondong menyelamatkan api, baik menyiram secara manual, maupun menyedot air sungai di dekat rumah tersebut.

"Sedangkan saya mengajak warga juga menyelamatkan barang di lantai 1. Apa yang bisa diselamatkan, kami coba selamatkan," imbuh Fatchur.

Mobil pemadam kebakaran milik Pabrik Gula Semboro juga dikerahkan. Lokasi kebakaran tidak jauh dari pabrik gula tersebut. Tidak lama setelah laporan kebakaran diterima polisi, polisi juga meminta bantuan petugas pemadam kebakaran Pemkab Jember. Tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Jember turut memadamkan api.

Api yang membesar merembet ke rumah H Dimyati. "Merembet ke rumah H Dimyati, isi rumah ikut terbakar. Kalau rumah Hj Tutut besar dan berlantai 3 itu hangus semua. Rumah itu sekaligus juga toko di bagian depannya," imbuh Fatchur.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.00 Wib. Kebakaran ini menambah daftar panjang kasus kebakaran di bulan September ini. Dari catatan Surya, sejak 6 September, kebakaran di Semboro ini menjadi peristiwa ke-9. Sebelumnya, pada Rabu (11/9/2019) malam, dua rumah terbakar di Desa Karangharjo Kecamatan Silo.

Selama tahun 2019 ini, ada sekitar 41 peristiwa kebakaran mulai Januari 2019 hingga 13 September 2019.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved