Berita Surabaya

Jumlah Pelanggar Lalu Lintas Naik 100 Persen, Hari Libur Kejari Surabaya Tetap Buka Loket Layanan

Kejari Surabaya tambah jam layanan bagi pelanggar lalu lintas yang hendak mengambil suratnya.

Jumlah Pelanggar Lalu Lintas Naik 100 Persen, Hari Libur Kejari Surabaya Tetap Buka Loket Layanan
SURYA.co.id/Samsul Arifin
Surat tilang disusun berdasarkan sesuai nomor registrasi, upaya dari Kejaksaan Negeri Surabaya ini sengaja dipersiapkan guna upaya mengatasi membludaknya jumlah pelanggar. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Untuk menyiasati membludaknya jumlah pelanggar lalu lintas yang mengambil surat-suratnya di Kejaksaan Negeri Surabaya, petugas akhirnya menyediakan ekstra waktu untuk pelayanan tilang

Loket pelayanan bakal dibuka juga pada Sabtu (14/9/2019) dan Minggu (15/9/2019), hal ini membuat petugas harus kerja lembur dihari libur.

Dua Pekan Operasi Patuh Semeru 2019, Kejari Surabaya Layani Pelanggar Lalu Lintas Sebanyak 20.300

“Bagi masyarakat pelanggar tilang, bisa menggunakan alternatif lain, yaitu memanfaatkan layanan delivery tilang yang sebelumnya juga kami persiapkan. Pada layanan ini, masyarakat tanpa harus mengantri di kantor kejaksaan. Untuk mekanismenya, masyarakat bisa membuka website resmi Kejari Surabaya,” imbuh Kasi Pidum Kejari Surabaya, Fariman.

Selain delivery tilang, Kejari Surabaya juga menyediakan alternatif lain, yaitu layanan Drive Thru, antri nomor antrian via website dan pos. 

“Terakhir dengan itu (pos ,red) merupakan layanan atas kerjasama kejaksaan dengan kantor pos dan kita namakan Jak-Pos. Masyarakat bisa menyetorkan surat tilang di kantor-kantor pos, membayar denda selanjutnya petugas pos mengantarkan barang bukti yang disita baik itu STNK maupun SIM ke rumah para pelanggar,” jelasnya. 

Untuk diketahui, dalam Operasi Patuh Semeru 2019, ada delapan sasaran penindakan. Penindakan tersebut di antaranya tidak memakai helm SNI, melawan arus, menggunakan ponsel saat mengemudi, melewati batas kecepatan, overload atau melebih mutan dan pengendara di bawah umur. 

Data dari Satlantas Polrestabes Surabaya, pada 2018 sebanyak 20 ribu pengendara ditilang. Sedangkan pada 2019 ini polisi mengeluarkan 42 ribu tilang

Dari kenaikan pelanggaran 100 persen, sebanyak 65 persen pelanggaran dilakukan oleh pengendara roda dua.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved