BJ Habibie Meninggal Dunia

Usai Salat Ghaib Khofifah Bertolak ke Jakarta Hadiri Pemakaman BJ Habibie

Khofifah langsung bertolak ke Jakarta untuk mengikuti upacara pemakaman dan menyampaikan penghormatan terakhir.

Usai Salat Ghaib Khofifah Bertolak ke Jakarta Hadiri Pemakaman BJ Habibie
surya.co.id/fatimatuz zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mendirikan salat ghaib bersama warga Jatim di Masjid Nasional Al Akbar untul Presiden RI yang ke 3 Profesor BJ Habibie, Kamis (11/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan menghadiri upacara pemakaman jenazah Presiden RI yang ke 3 Profesor BJ Habibie, Kamis (11/9/2019).

Usai melaksanakan salat ghaib di Masjid Nasional Al Alkbar Surabaya pagi tadi, Khofifah langsung bertolak ke Jakarta untuk mengikuti upacara pemakaman dan menyampaikan penghormatan terakhir.

"Saya pesawat pukul 06.15 wib ke Jakarta. Insya Allah ini langsung berangkat. Saya ingin menunjukkan hormat terakhir kepada beliau, tokoh bangsa, almarhum Profbl BJ Habibie," ucap Khofifah saat diwawancara usai salat ghaib.

Ia menyebut agendanya ke Jakarta tunggal hanya untuk mengikuti upacara pemakaman.

Ia juga mengaku tak membawa rombongan besar dari Pemprov Jawa Timur selain Biro Humas dan Protokol.

"Saya juga mengajak masyarakat ikut mendoakan beliau dan bagi yang beragama Islam mari melaksanakan sholat ghaib," ujarnya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga mengajak warga Jawa Timur untuk mengibarkan bendera setengah tiang, mulai hari ini hingga tiga hari ke depan.

Pengibaran bendera setengah tiang ini sebagai tanda duka atas meninggalkan pemimpin negara.

"Sesuai Undang- undang nomor 24 tahun 2009 kami menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut mulai hari ini," tambah Khofifah.

Ia pribadi mengaku berduka yang mendalam atas kepergian BJ Habibie.

Pertemuan terakhir dengan beliau dikatakan Khofifah juga di TMP Kalibata saat prosesi pemakaman almarhumah Ani Yudhoyono.

"Innalilillahi wa inna ilaihi rojiun, Prof BJ Habibie telah meninggalkan kita semua. Tentu menjadi tugas kita semua bagaimana menyiapkan generasi kita bisa mempunyai kemampuan intelektualitas seperti beliau, dedikasi dan pengabdian pada negerinya seperti beliau, dan bisa menyemai ilmu seperti beliau," kata Khofifah yang diwawancara usai salat ghaib.

Sosok Habibie ditegaskan mantan Menteri Sosial itu, memiliki keteladanan luar biasa.

Banyak pemikiran out of the box nya yang menjadi terobosan khususnya di bidang teknologi.

"Semoga Allah segera menurunkan generasi penerus bangsa yang bisa mengikuti jejak teladan dan menjadi referensi kehidupan yang tercermin dari seorang BJ Habibie," imbuhnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved