Berita Surabaya

Polda Jatim Catat 200.732 Pelanggaran Selama Operasi Patuh Semeru 2019, Pelanggaran Meningkat

Ditlantas Polda Jatim mencatat pelanggaran yang meliputi tilang dan teguran berjumlah 200.732 kasus selama Operasi Patuh Semeru 2019

Polda Jatim Catat 200.732 Pelanggaran Selama Operasi Patuh Semeru 2019, Pelanggaran Meningkat
istimewa
Direktur Lantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan, saat memaparkan hasil Operasi Patuh Semeru 2019 di Gedung Pratidina Dirlantas Mapolda Jatim, Kamis (12/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Genap dua pekan Ditlantas Polda Jatim menggelar Operasi Patuh Semeru 2019 di seluruh Polres se-Jatim. Selama kurum waktu itu, Ditlantas Polda Jatim mencatat pelanggaran yang meliputi tilang dan teguran berjumlah 200.732 kasus.

Lalu pelanggaran batas ambang kecepatan di jalan bebas hambatan alias jalan tol sejumlah 1.446 kasus. Kemudian, insiden kecelakaan lalu lintas yang sempat menjadi atensi bahkan kabarnya merebak di media sosial, yakni tabrakan maut Bus Mira VS Mobil Innova di kawasan Polres Nganjuk yang menyebabkan tiga orang tewas dan seorang luka-luka.

Direktur Lantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan, mengatakan tren jumlah kecelakaan dalam Operasi Patuh Semeru 2019 mengalami penurunan.

"Jumlah kejadian Lakalantas meninggal dunia dan luka berat dan luka ringan Mengalami penurunan," katanya di Gedung Pratidina Dirlantas Mapolda Jatim, Kamis (12/9/2019).

Kendati begitu, justru peningkatan signifikan cenderung terjadi pada pelanggaran ketertiban lalu lintas.

Mulai dari berkendara tanpa SIM, helm tak ber-SNI, melawan arus saat berkendara, kendaraan diberi alat rotator.

Kemudian, memainkan ponsel saat berkendara, dan pengemudi di bawah umur, dan mengemudikan mobil tanpa safe belt.

Ia berharap, pasca dilakukannya Operasi Patuh Semeru 2019, masyarakat semakin sadar akan keselamatan dan keamanan selama berkendaran di jalanan.

"Dampaknya setelah diadakan operasi tingkat kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin tinggi terutama untuk selamatan dan nanti ke depan Kami akan kegiatan ketertiban pada masyarakat seperti Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved