Berita Surabaya

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Masalah Bunuh Diri, Ini Cara Pencegahannya

Depresi berkepanjangan salah satu pemicu seseorang nekad melakukan bunuh diri. Foto ilustrasi diperagakan model.

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Masalah Bunuh Diri, Ini Cara Pencegahannya
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Depresi berkepanjangan salah satu pemicu seseorang nekat melakukan bunuh diri. Foto ilustrasi diperagakan model. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sedikitnya 450 lilin menyala di halaman Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Kota Surabaya, Selasa (10/9/2019) malam.

Lilin-lilin tersebut serentak dinyalakan sebagai bentuk kepedulian dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah bunuh diri dan cara untuk mencegahnya.

Senada mengenakan baju hitam-putih, para peserta juga mengaitkan pita kuning pada lengan kanan sebagai simbol kepedulian.

Acara tersebut digelar oleh SMF Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan RSUD Dr Soetomo Surabaya, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Cabang Surabaya.

"Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia diperingati setiap tanggal 10 September. Tahun lalu acara ini kami selenggarakan di depan Gedung Grahadi, kali ini kami mengundang lebih banyak orang di halaman depan FK Unair," ungkap Brihastami Sawitri dr SpKJ, ketua panitia.

Lilin, ungkapnya, merupakan simbol perhatian, kepedulian, kasih sayang, dan harapan.

Nalini Muhdi dr SpKJ, The Indonesian National Representatif of International Association for Suicide Prevention (IASP) mengatakan, peserta yang datang lebih banyak dibandingkan tahun kemarin.

"Tidak hanya diikuti dokter, acara ini juga diikuti mahasiswa, psikolog, komponen masyarakat, penyintas, dan lain sebagainya," ungkap Nalini.

Tahun 2020, ia mengatakan, World Health Organization (WHO) memprediksi akan terjadi ledakan beban kesakitan dunia yaitu depresi.

Apabila depresi tidak terselesaikan maka terjadilah tindakan bunuh diri.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved