Sosok

Potret Maria Lidwina Endang Suwarni, Nenek 69 Tahun Jadi Sarjana PAUD Unusa

Maria Lidwina Endang Suwarni dinobatkan sebagai wisudawati di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa)

Potret Maria Lidwina Endang Suwarni, Nenek 69 Tahun Jadi Sarjana PAUD Unusa
Nur Ika Anisa/TribunJatim.com
Potret Maria Lidwina Endang Suwarni, nenek asal Manukan Kulon Surabaya ini dinobatkan sebagai wisudawati tertua di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) seusai menempuh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Usia 69 tahun tak menghalangi Maria Lidwina Endang Suwarni untuk menempuh pendidikan tinggi. Nenek asal Manukan Kulon Surabaya ini baru saja dinobatkan sebagai wisudawati di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Rabu (11/9/2019).

Maria menempuh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada wisuda kali ini, Maria menjadi lulusan tertua di antara 827 wisudawan Unusa.

"Saya ingin memberi contoh bahwa tidak ada halangan untuk bisa mencapai gelar sarjana, berapapun usia kita," kata Maria.

Selama empat tahun kuliah, Maria dibantu Bunda Paud dan Beasiswa Unusa untuk menyokong biaya pendidikan. Wanita kelahiran Semarang 14 Maret 1950 ini tidak menyangka diterima di perkuliahan hingga meraih gelar sarjana.

"Haru sekali. Saya tidak menyangka mendapat kesempatan diterima di Unusa di usia seperti ini. Apalagi saya juga non-Muslim. Ini wujud toleransi yang luar biasa yang ditunjukan oleh pihak Unusa," sambungnya.

Sama seperti mahasiswa lainnya, Maria juga memiliki kendala tersendiri.

Ia mengaku tidak mahir berkendara untuk menempuh jarak dari Manukan Kulon ke Unusa, Jemursari Surabaya.

Setiap hari, Maria selalu diantar anak sulungnya yang juga berangkat kerja.

Jika anaknya berhalangan, maka tidak ada cara lain selain naik-turun angkutan kota minimal dua kali menuju kampus Unusa.

Selain itu, Maria mengungkap sempat terkendala untuk mempelajari pelajaran-pelajaran kampus.

Halaman
123
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved