Berita Surabaya

Pemkot Surabaya akan Tambah 66 Taman Baca Masyarakat di Balai RW dan Rusun, Ini Tujuannya

Pemkot Surabaya akan menambah 66 Taman Baca Masyarakat (TBM) yang disebar di Kota Surabaya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

Pemkot Surabaya akan Tambah 66 Taman Baca Masyarakat di Balai RW dan Rusun, Ini Tujuannya
delya octovie/surya
Suasana Taman Baca Masyarakat (TBM) Planetarium RT 02 RW 08 Genteng Candirejo Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya akan menambah 66 Taman Baca Masyarakat (TBM) yang disebar di Kota Surabaya. TBM ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

Berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019, Pemkot Surabaya menambah 66 TBM yang terletak di Balai RW dan rusun se-Surabaya.

“Saat ini total TBM yang ada 467, dan targetnya penambahan 66 TMB baru tersebut selesai di bulan Oktober 2019, ” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, Rabu (11/09/2019).

Rencanany, 66 TBM tersebut tersebar di 31 kecamatan se-Surabaya, di mana setiap kecamatan sebagian besar memiliki lebih dari satu TBM, seperti Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo.

"TBM di Kelurahan Sememi, terdapat di tiga RW. Namun semua warga selain dari RW itu juga boleh mengakses. Jadi tidak harus warga di RW tersebut saja,” ujarnya.

Musdiq menjelaskan, TBM dikembangkan di kantong-kantong pemukiman masyarakat bertujuan agar akses literasi lebih mudah dijangkau dan merata.

“Sehingga dalam hal ini, masyarakat mempunyai alternatif sumber bacaan yang lebih bisa dipertanggungjawabkan dibanding menggunakan gadget,” jelasnya.

Nantinya, 66 TBM tersebut juga akan diberikan fasilitas-fasilitas yang sama dengan TBM lainnya.

Musdiq mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk membangun minat baca khususnya pada anak-anak, yakni lewat berbagai jenis pelatihan.

Pelatihan itu meliputi menulis, mendongeng, hingga bimbingan belajar (bimbel).

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved