Dindik Jatim Gelar Lelang Ulang Seragam Gratis SMA/SMK

Pemprov Jatim akan segera membuka lelang untuk pengadaan seragam gratis untuk SMA/SMK negeri dan swasta serta pendidikan khusus.

Dindik Jatim Gelar Lelang Ulang Seragam Gratis SMA/SMK
surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Plt Kadindik Jatim, Hudiono 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, menegaskan bahwa Pemprov Jatim akan segera membuka lelang untuk pengadaan seragam gratis untuk SMA SMK negeri dan swasta serta pendidikan khusus.

Meski sempat menglami gagal lelang dan janji seragam gratis sampai pada bulan Semtember gagal diwujudkan, namun Hudiyono menegaskan bahwa seragam gratis akan tetap diberikan.

Menurutnya, tak ada kata terlambat asal masih diberikan di tahun ajarran 2019/2020.

"Seluruh dokumen dan seluruh instrumen pengadaan pakaian sudah dilengkapi oleh Dindik Jatim dan ini terbukti pada waktu online system LKPP itu sudah ada tanda bintang. Sudah ada tanda penetapan pemenang, tetapi setelah itu ada pengumuman dari ULP bahwa itu gagal karena setelah evaluasi ada yang kurang," kata Hudiyono, Rabu (11/9/2019).

"Tindak lanjutnya sekarang setelah gagal lelang kita mengajukan lagi untuk melelang baru. Lelang ulang sehingga tetap selalu instrumen kita lengkapi tapi yang menentukan semuanya adalah mekanisme," tegasnya.

Kalau lelang sudah dibuka, keputusan administrasi sangat tergantung dari hasil evaluasi dari ULP. Hudiyono mengaku selalu berusaha untuk mempercepat administrasinya.

Terkait opsi penunjukan langsung,  ia ingin agar kain itu segera ada. Tapi syarat dan ketentuan hukum tidak boleh dilanggar dan harus memenuhi aturan. Sebab kepusan ULP untuk memutuskan pembatalan juga pasti ada hal yang menjadikan penyebab.

"Seandainya pada tahun ini ditetapkan pemenangnya maka bisa digunakan tahun ajaran ini. Tidak ada kata terlambat. Yang namanya tahun ajaran kan Juni sampai Juli tahun depan," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pengadaan kain seragam dilakukan Pemprov Jatim dengan total anggaran Rp 132,5 miliar.

Dengan rincian pengadaan seragam gratis untuk sekolah SMK negeri dan swasta sebesar Rp 78,2 miliar.

Dan pengadaan kain seragam untuk sekolah SMA negeri dan swasta sebesar Rp52,8 miliar. Sedangkan seragam untuk Pendidikan Khusus Layanan Khusus sebesar Rp 1,5 miliar.

Pengadaan seragram gratis dari Pemprov Jawa Timur ini terdiri dari satu stel seragam putih abu-abu dan satu stel seragam pramuka.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved