Berita Surabaya

Alasan Manajemen Citraland Tak Izinkan Lagi Lahannya untuk Proyek Pipa Umbulan

Warga juga mendesak menuntaskan rekondisi atau pengasapan kembali Jl Citraraya Unesa yang saat ini dalam pengurukan pipa.

Alasan Manajemen Citraland Tak Izinkan Lagi Lahannya untuk Proyek Pipa Umbulan
surya.co.id/habibur rohman
DAMPAK PROYEK UMBULAN - Kendaraan bermotor antri saat melintasi proyek umbulan di kawasan Jl Citra Raya Unesa, Rabu (11/9/2019). Kondisi ini dikeluhkan warga, civitas pendidikan area Citraland serta pengusaha yang mengandalkan akses itu sebagai jalur utama masuk ke area perumahan Citraland. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Manajemen Citraland mengancam tidak akan mau kawasan perumahannya dijadikan lokasi perlintasan proyek Pipa Umbulan jika tidak diikuti standardisasi manajemen proyek yang tepat. Terutama dalam manajemen traffic selama pengerjaan hingga rekondisi jalan. 

Saat ini ada 9.000 hunian di kawasan Citraland yang merasakan dampak proyek Pipa Umbulan. Pengaruhnya bikin trauma warga karena macet ekstrim akibat pengerjaan proyek tanpa dialihkan kajian pengendalian lalu lintas. 

 "Manajemen Citraland seolah-olah mengizinkan begitu saja. Meski kami tahu Pipa Umbulan proyek negara. Tapi jika tak diikuti manajemen traffic dan memikirkan dampak ke warga, kami keberatan sisa pipa Umbulan melalui kawasan kami lagi," kata City Manager Citraland Surabaya Nada Putri.

Dalam kondisi macet ekstrim sebulan terakhir ini, manajemen proyek, pelaksana proyek, termasuk Pemprov Jatim telah menggelar pertemuan sosialisai dengan warga. Warga Citraland diberi tahu kalau ada proyek Pipa Umbulan. 

Jaringan pipa Umbulan itu akan melintasi beberapa kawasan Citraland. Total ada 4,3 KM jalur di kawasan Citraland.

Jaringan pipa air bersih dari Pasuruan melintasi Sidoarjo hingga Gresik akan dikerjakan hingga tuntas. 

Nada meminta Pemprov Jatim dan pelaksana proyek untuk memikirkan warga di Citraland. Ribuan warga tersiksa karena macet ekstrim di Jl Citraraya Unesa.

Warga menghendaki ada rekayasa lalu lintas atau jalan alternatif saat ada pengejaan proyek pipa Umbulan

Warga juga mendesak menuntaskan rekondisi atau pengasapan kembali Jl Citraraya Unesa yang saat ini dalam pengurukan pipa.

Namun, perwakilan pelaksana proyek Pipa Umbulan di lapangan, Yanto, mengungkapkan perlu waktu dua minggu lagi. 

 "Kami menargetkan 25 September jalan kembali normal dan kami aspal. Ini masih perlu memadatkan tiga lapis material jalan. Baik tanah maupun koral. Setelahnya dipadatkan dan diaspal," kata Yanto. 

Petugas proyek ini menyebutkan bahwa pipa yang saat ini digali di Unesa hingga Citraraya sudah sekitar 1,5 km. Nantinya akan dilanjutkan pipa berdiamater 1,30 meter ditanam hingga kedalaman 8 meter.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved