Beria Gresik

Alasan BPBD Gresik Tetapkan Desa Bedanten, Kecamatan Bunga Menjadi Desa Tangguh Bencana

Kepala BPBD Kabupaten Gresik Tarso memberikan arahan terhadap warga Desa Bedanten, Kecamatan Bunga yang menjadi desa tangguh bencana.

Alasan BPBD Gresik Tetapkan Desa Bedanten, Kecamatan Bunga Menjadi Desa Tangguh Bencana
surya.co.id/sugiyono
BENCANA - Kepala BPBD Kabupaten Gresik Tarso memberikan arahan kepada warga Desa Bedanten yang menjadi desa tangguh bencana, Rabu (11/9/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Gresik menetapkan Desa Bedanten, Kecamatan Bungah menjadi salah satu desa tangguh bencana.

Sebab, lokasinya dekat dengan bantaran Sungai Bengawan Solo, sehingga masyarakatnya diharapkan siaga terhadap bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Gresik Tarso, mengatakan bahwa desa tangguh bencana karena masyarakatnya sudah siap dan siaga menghadapi bencana. Baik bencana banjir, kekeringan dan bencana alam lainnya.

"Menjadi desa tangguh bencana di antaranya karena kesadaran masyarakat dalam menyikapi bencana," kata Tarso, Rabu (11/9/2019).

Dari bencana yang terjadi di Gresik diantara bencana banjir luapan Kali Lamong, Kalimas dan Sungai Bengawan solo. "Belum lagi bencana alam kebakaran dan industri yang ada di Gresik," imbuhnya.

Dengan ditetapkan wilayah desa tanggap bencana, masyarakat Desa Bedanten Kecamatan Bungah diharapkan lebih siaga dengan penanggalan bencana.

"Baik menanam penghijauan dan membersihkan saluran air, sehingga bisa mengurangi terjadinya bencana," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved