Berita Kediri

Setelah Dijamas, Keris dan Tombak Bung Karno Dipamerkan di Rumah Persada Sukarno

Keris dan tombak Kiai Gadakan milik Bung Karno dilakukan jamasan yang berlangsung di Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok

Setelah Dijamas, Keris dan Tombak Bung Karno Dipamerkan di Rumah Persada Sukarno
SURYA.co.id/Didik Mashudi
Jamasan keris Kiai Gadakan yang berlangsung di Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Selasa (10/9/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Keris dan tombak Kiai Gadakan milik Bung Karno dilakukan jamasan yang berlangsung di Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Selasa (10/9/2019).

Selain keris dan tombak Kiai Gadakan juga dijamas keris dan pusaka milik warga masyarakat lainnya.

Selama ini keris dan tombak milik Bung Karno menjadi pusaka koleksi Eyang Panji.

Jamasan di Desa Pojok, Kisah Dibalik Keris Kiai Gadakan Milik Bung Karno

Acara jamasan keris pusaka ini berlangsung di depan musala yang ada di lingkungan Rumah Persada Sukarno. Ada sejumlah petugas yang melakukan jamasan dengan prosesi ritual adat Jawa.

Untuk acara jamasan ini dilakukan Ki Wisnu Ardianto dari Blitar dan Andri Setiawan dari Unesa Surabaya.

Prosesi jamasan diawali dengan ritual doa. Tiga hari sebelum jamasan juga ada doa ketika pusaka akan dilepas dari warangkanya.

Sejumlah peralatan yang mengiringi jamasan pusaka seperti jeruk nipis, mengkudu, air kelapa, air bersih, air yang diberi wewangian bunga, sikat halus dari serat buah kelapa, warangan dan minyak keris.

Setelah pusaka direndam dengan air bersih, mengkudu dan air kelapa, selanjutnya Ki Wisnu Ardianto mulai membersihkan pusaka dari kotoran dan karat dengan jeruk nipis kemudian disikat jika diperlukan.

Kemudian keris dan tombak yang dijamas dicuci dengan air bersih dan dicuci lagi dengan air bunga. Penjamas kemudian mengelap keris serta dikeringkan di bawah sinar matahari.

Setelah kondisinya dalam keadaan panas barulah keris dan tombak diwarangi serta dimasukkan warangan.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved