Berita Ekonomi Bisnis

Sejumlah Anak Muda Surabaya Luncurkan Aplikasi MarbotRetail.com, Gandeng Takmir Masjid

Aplikasi di smartphone itu merupakan marketplace retail yang akan menggandeng takmir dan marbot masjid.

Sejumlah Anak Muda Surabaya Luncurkan Aplikasi MarbotRetail.com, Gandeng Takmir Masjid
surya.co.id/sri handi lestari
Deandro Farlinno, Direktur Utama marbotretail bersama para supporting menunjukkan aplikasi yang mereka luncurkan di Surabaya, Senin (9/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejulah anak muda melakukan kolaborasi usaha dengan meluncurkan aplikasi marbotretail.com, Senin (9/9/2019). Aplikasi di smartphone itu merupakan marketplace retail yang akan menggandeng takmir dan marbot masjid, yang tahap awal masih ditujukan di wilayah Surabaya.

Deandro Farlinno, Direktur Utama marbotretail.com, menjelaskan usaha ini merupakan upaya mereka untuk memberi pilihan dan wadah dalam menjembatani belanja kebutuhan retail via online.

"Saat ini banyak tumbuh marketplace lewat aplikasi yang cukup menarik konsumen. Begitu juga kami ingin memberi pilihan lain marketplace dengan melibatkan para marbot (penjaga masjid) dan takmir (pengurus masjid) sebagai kepanjangan tangannya. Hal ini untuk ikut meningkatkan kapasitas dan kemampuan masjid dalam memberikan manfaat yang lebih kepada umat Islam," jelas Deandro Farlinno didampingi Komisaris PT Marbot Retail Indonesia, Afifin Mahdayanto, di gudang marbotretail.com yang berada di kawasan Rungkut Industri XI, SIER, Surabaya.

Peluncuran aplikasi dilakukan di gudang di kawasan Rungkut yang disiapkan jadi gudang produk yang akan dipasarkan melalui situs mereka.

Selain produk customer goods (kebutuhan sehari-hari) juga disiapkan sebagai marketplace produk fashion dan sejenisnya.

Terkait dengan menggandeng marbot dan takmir masjid, Deandro menjelaskan bila langkah ini merupakan wadah bagi para customer yang ingin berbagi.

"Karena setiap transaksi ada yang diberikan kepada marbot dan masjid dengan hitungan 2,5 persen untuk marbot dan 1 persen untuk masjid melalui takmir," ungkap Deandro.

Pemberian reward akan diserahkan tiap Minggu di hari Jumat. Dengan reward ini diharapkan ada motivasi untuk marbot dalam meningkatkan perekonomiannya.

Begitu juga dengan masjid, dengan reward tersebut bisa mendapatkan manfaat bagi masjid dalam melayani umat.

"Misalnya untuk meningkatkan fasilitas dan kebersihan fisik, untuk membiayai guru mengaji di masjid tersebut dan lainnya," tambah Pasha Trylaksana W, Direktur Teknik dari marbot.com.

Potensi pasar konsumen yang belanja di marketplace, diakui Pasha sangat besar. Mengingat saat ini banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan aplikasi dalam kegiatan belanjanya atau belanja via online.

Terkait persaingan dengan marketplace lainnya yang lebih dulu hadir, Pasha optimis usaha yang mereka rintis akan mendapat respons positif pasar.

"Apalagi kami juga ada fitur bagi konsumen yang ingin memberi amal shodaqohnya, kemudian marbot inilah yang menjadi pengantarnya," jelas Pasha.

Potensi marbot dan takmir yang diperdayakan bisa mencapai lebih dari 800.000 masjid yang ada di wilayah Kota Surabaya. Targetnya sampai akhir tahun bisa menggandeng 100 masjid.

Pasha juga menjelaskan, pihaknya juga siap menampung produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijual melalui aplikasi ini.

"Selain menjualkan, dengan yang mengantarkan marbot, dan gudang di Rungkut Industri ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan produk UMKM tersebut," tandas Pasha.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved