Lifestyle

Kastanyet Berbentuk Buaya Terbuat dari Kardus dan Tutup Botol, begini Cara Membuatnya 

Kastanyet adalah salah satu alat perkusi biasanya terbuat dari dua belah kayu keras cekung atau gading.

Kastanyet Berbentuk Buaya Terbuat dari Kardus dan Tutup Botol, begini Cara Membuatnya 
surya.co.id/hefty's suud
Christabel (5) dibantu sang Mama belajar membuat kastanyet berbentuk kepala buaya dalam gelaran IVY Eduvillage di Pakuwon Trade Center, Minggu (8/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Kastanyet adalah salah satu alat perkusi biasanya terbuat dari dua belah kayu keras cekung atau gading.

Namun, salah satu pengajar dari IVY School Surabaya, Suroso S Sn, dapat membuat kastanyet berbentuk kepala buaya dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar.

"Siapkan kardus air mineral, tutup botol yang sudah tidak dipakai dan kain flanel," ujarnya yang akrab disapa Eros itu, ditemui dalam IVY Eduvillage, Minggu (8/9/2019).

Caranya, gunting kardus air mineral dan kain flanel menyerupai bentuk persegi panjang. Lalu, gunting dua sisi lebar persegi panjang menjadi setengah lingkaran.

"Usahakan potongan kain flanelnya lebih lebar dari potongan kardus," tutur Eros.

Selanjutnya, tempel kardus dan kain flanel menggunakan lem bening. Sisa lebar flanelnya, digunakan untuk menutupi pinggiran kardus.

"Kalau sudah rapi ditempel, lipat seimbang pada bagian tengahnya. Sehingga berbentuk mirip mulut buaya," papar Eros.

Supaya terlihat lebih menyerupai buaya, gunting juga flanel dengan bentuk bergerigi menyerupai sisik buaya dan gigi buaya.

Untuk bagian sisik, tempel di sisi atas karton yang sudah dilipat jadi dua. Bagian giginya ditempel pada sisi kardus yang sudah dibentuk setengah lingkaran.

Di bagian dalam karton, tempelkan tutup botol secara simetris sisi atas dan bawahnya menggunakan lem bening.

Dua tutup botol itulah yang nantinya dapat menciptakan suara seperti kastanyet, apabila kartonnya ditepuk.

"Terakhir, tambahkan tempelan mata boneka di bagian atas karton. Lalu supaya bentuk kartonnya tertutup sempurna, hias bagian dalamnya dengan cat air," jelas Eros.

Eirenne Deviani, ketua pelaksana IVY Eduvillage mengatakan acara tersebut merupakan acara tahunan PT IVY Education Services bekerja sama dengan IVY School.

Tahun ini, acara tersebut berlangsung di Pakuwon Trade Center.

Penulis: Hefty's Suud
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved