Berita Gresik

Cara Seniman Jalanan di Gresik Ungkapkan Aspirasi kepada Anggota Dewan yang Baru Dilantik

Seniman di Gresik membuat panggung hiburan di sanggar kesenian Dusun Candi Desa Pongangan, Kecamatan Manyar Gresik.

Cara Seniman Jalanan di Gresik Ungkapkan Aspirasi kepada Anggota Dewan yang Baru Dilantik
surya.co.id/sugiyono
PANGGUNG KESENIAN - Para seniman jalanan di Gresik membuat panggung kesenian untuk menyampaikan aspirasinya, Minggu (8/9/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Para seniman di Gresik punca cara tersendiri dalam mengkritik. Mereka membuat panggung hiburan di sanggar kesenian Dusun Candi Desa Pongangan, Kecamatan Manyar Gresik. Panggung seni tersebut selain untuk menghibur juga mengkritisi kinerja anggota DPRD Gresik yang baru dilantik.

Ketua seniman jalanan Ali Murtadho, mengatakan panggung kesenian ini untuk meluapkan aspirasi dan menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

"Seperti lagunya Iwan Fals, berjudul Surat Buat Wakil Rakyat. Lagi ini ternyata masih relevan dengan kondisi sekarang," kata Ali, Minggu (8/9/2019).

Bahkan, Ali juga menyanyikan lagu tersebut, yaitu Wakil rakyat seharusnya merakyat, Jangan tidur waktu sidang soal rakyat, Wakil rakyat bukan paduan suara Hanya tahu nyanyian lagu 'setuju'.

"Kami disini untuk mengajak para seniman untuk tampil di atas panggung menyuarakan aspirasinya. Ternyata, yang masih cocok yaitu lagunya Iwan Fals," katanya.

Disela-sela panggung kesenian tersebut juga diselingi yel-yel hapus Jasmas (Jaring apirasi masyarakat) dan hapus kunker (Kunjungan kerja) DPRD Gresik. "Tolak proyek Jasmas, tolak kunker," teriak para seniman diiringi tepuk tangan pengunjung.

Untuk menarik pengunjung, panggung kesenian dibaut kayaknya acara pernikahan. Ada tempat untuk manten dan lampu-lampu hiasan. "Ini panggung kesenian yang bisa menarik masyarakat untuk hadir," imbuhnya.

Sementara anggota DPRD Gresik Jumanto pernah mengatakan kepada pengunjuk rasa bahwa saat ini tidak ada Jasmas. "Saat ini di DPRD Gresik tidak ada Jasmas. Yang ada hanya pokok-pokok pikiran dewan, dan itu dituangkan mulai dari musrenbang (Musyawarah perencanaan tingkat) desa sampai murenbang Kabupaten," kata Jumanto anggota Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Gresik.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved