Berita Gresik

BNPP Akhiri Masa Evakuasi, KM Santika Nusantara yang Terbakar di Masalembu Disandarkan di PT IMS

Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Jawa Timur menyisir KM Santika Nusantara yang terbakar lalu tenggelam di Laut Masalembu.

BNPP Akhiri Masa Evakuasi, KM Santika Nusantara yang Terbakar di Masalembu Disandarkan di PT IMS
SURYAOnline/Sugiyono
KAPAL TERBAKAR – Tim gabungan meninjau bangkai kapal KM Santika Nusantara yang terbakar di Laut Masalembu, Sumenep Madura untuk mengakhiri masa evakuasi, Sabtu (7/9/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK – Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Jawa Timur menyisir KM Santika Nusantara yang terbakar lalu tenggelam di Laut Masalembu, Sumenep,  Madura.

Ketua BNPP Jawa Timur, Prasetyo Budiharto mengatakan bahwa tim BNPP sudah menyisir beberapa bagian kapal. Mulai bagian middle deck, main deck forecastle deck dan bullwark (lantai dasar) dan tidak ditemukan korban terbakar.

"Mulai kemarin kami sudah menyisir dari atas. Mulai ruang kemudi, anjungan dan kamar-kamar ABK (anak buah kapal). Di bawahnya ada kamar-kamar ABK dan penumpang. Di cap deck dan bullwafk deck masih panas,” kata Prasetyo Budiharto, saat di Posko bencana kapal terbakar di PT Indonesia Marina Shipyard (IMS), Sabtu (7/9/2019).

Dari data inventaris penumpang, jumlah penumpang ada 314 orang, terevakuasi ada 312 orang, selamat 308 orang, meninggal dunia 4 orang dan dalam pencarian 2 orang.

“Kemarin kita temukan satu korban di cap deck samping mobil,” imbuhnya.

Lebih lanjut Prasetyo mengatakan, dari musibah KM Santika Nusantara, Basarnas yang berganti nama BNPP sudah mengakhiri proses evakuasi korban kebakaran kapal tersebut. Sebab, sesuai aturan sudah selesai dan sudah diperpanjang.

"Proses evakuasi sudah ditutup, sehingga barangkali nanti dari IMS saat membersihkan dalam kapal dan menemukan jasad korban kebakaran untuk koordinasi dengan BNPP. Nanti kita tetap koordinasi dengan Kepolisian untuk sama-sama identifikasi jasadnya,” imbuhnya.

Diketahui KM Santika Nusantara terbakar di perairan Masalembu, Sumenep, Madura, pada Kamis (22/8/2019), sekitar pukul 20.45 wib, saat berlayar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penulis: Sugiyono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved