Berita Blitar

Satlantas Polres Blitar Peduli Air Bersih, Warga: Air ini Saya Eman-eman hanya untuk Minum dan Masak

Polres Blitar memberikan bantuan air bersih kepada warga Dusun Besole, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Jumat (6/9/2019) siang.

Satlantas Polres Blitar Peduli Air Bersih, Warga: Air ini Saya Eman-eman hanya untuk Minum dan Masak
Foto: imam taufiq
Iptu Eko Sujoko, KBO Satlantas Polres Blitar menuangkan air bersih kepada jeriken milik warga, Jumat (6/9/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR - Di saat musim kemarau panjang seperti ini, di wilayah Kabupaten Blitar, selalu terjadi musim kekeringan. Tak pelak, masyarakatnya membutuhkan air bersih, terutama buat kebutuhannya sehari-sehari seperti memasak atau buat minum.

Namun, selama ini, bantuan air bersih dari Pemkab Blitar, tak mencukupi karena jumlah desa yang mengalami kekeringan cukup banyak. Rata-rata semua desa, yang ada di wilayah Blitar selatan sudah lama mengalami kesulitan air.

Di saat warga berharap ada pasokan air bersih itu, Jumat (6/9/2019) siang, Polres Blitar memberikan bantuan air bersih kepada warga Dusun Besole, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto.

Kedatangan truk tangki, yang merupakan bantuan dari Satlantas Polres Blitar siang itu disambut warga.

Maklum, mereka sudah lama mengalami kesulitan air bersih. Begitu truk berhenti di pertigaan Dusun Besole, puluhan warga yang membawa jerugen, langsung mengantre. Karena hanya satu tangki, sehingga hanya mampu mencukupi warga di dusun itu yang berjumlah sekitar 300 kepala keluarga (KK).

"Air ini, akan saya eman-eman dan tak kami gunakan sembarangan. Mungkin hanya buat memasak dan minum saja. Untuk mandi dan kebutuhan lainnya, kadang ya beli. Namun, itu tak bisa diharapkan karena kadang ada yang berjualan keliling, kadang ya lama tak ada," ujar Ny Lasemi (53), warga dusun setempat.

Bukan hanya Lasemi yang kesulitan air bersih. Namun, semua warga juga demikian, sehingga berharap ada bantuan air bersih seperti yang dilakukan oleh Satlantas Polres Blitar beberapa kali ini.

Sebab, tak semua desa yang ada di Kecamatan Wonotirto, sudah tersambungkan dengan PDAM.

Dari delapan desa itu, masih ada empat desa yang belum bisa menikmati air PDAM, sehingga harus mengandalkan air bersih dari penjual keliling. Itu baru satu kecamatan, belum beberapa kecamatan lainnya.

Seperti Kecamatan Wates, Kecamatan Kademangan, dan Bakung. Itu pasti banyak desa yang mengalami kekeringan.

"Kami berharap kepada siapapun, agar mau menyumbangkan air bersih ke wilayah sini karena kalau mengandalkan dari pemkab, tak cukup," ujar Sariyanto, Camat Wonotirto.

Sebelumnya, Polres Blitar juga sudah memberikan bantuan air bersih. Malah, saat itu langsung diantarkan AKBP Anisullah M Ridha, Kapolres Blitar sendiri.

Saat itu, bantuan air diberikan kepada warga Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto.

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved