Lapor Cak

Penjual Kembang di Kawasan Kedungdoro Akan Direlokasi ke Kupang Krajan

Pemkot Surabaya akan merelokasi para pedagang kembang di kawasan Pasar Kembang yang terletak di sekitar jl Raya Kedungdoro, Surabaya.

Penjual Kembang di Kawasan Kedungdoro Akan Direlokasi ke Kupang Krajan
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Salah satu lapak penjual kembang di kawasan Kedungdoro, Surabaya. Mulai 13 September, para penjual kembang ini akan direlokasi ke pasar Kupang Krajan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya akan merelokasi para pedagang kembang di kawasan Pasar Kembang yang terletak di sekitar jl Raya Kedungdoro, Surabaya.  

"Mulai 13 September kami wajib meninggalkan Pasar Kembang Kedungdoro," kata Sutikno, pedagang kembang yang mengaku cemas dengan rencana relokasi tersebut, Jumat (6/9/2019).

Tikno bersama 12 pedagang kembang lainnya wajib meninggalkan tempat usaha mereka sejak 30 tahun lalu. 

Mereka akan direlokasi ke Pasar Kupang Krajan.

Namun tempat baru untuk jualan kembang itu tidak berada di tepi jalan raya. Melainkan di dalam bedak Pasar Kupang. Menurut pedagang, tempat baru itu sulit diakses. 

"Di sini ramai dan mudah diakses. Lihat kami melayani warga siapa pun yang cari kembang," kata Agus, salah satu pedagang bunga yang lain. 

"Di sini sudah terkenal. Harga 30 ribu sudah dapat banyak kembang untuk sembahyang. Kami beli kembang sedap malam," timpal Yuniar, salah satu pembeli.

Para pedagang akan direlokasi karena dianggap sebagai biang kemacetan. 

"Kalau kami disebut biang Kemacetan, bagaimana dengan warung nasi yang juga banyak mobil parkir?  Jangan terus kami yang diminta pindah," ujar Sutikno. 

Camat Tegalsari, Kanti Budiarti menuturkan bahwa wilayahnya perlu ditata dengan tidak boleh bahu jalan untuk Jualan.

Kanti mengajak para PKL agar menaati aturan sehingga lalu lintas tak teganggu.

"Kami sudah mengajak para pedagang kembang ikut kerja bakti tadi pagi di Pasar Kupang. Tempat mereka kami pindah. Kebetulan di tempat baru ini juga ada pedagang kembang tabur," kata Kanti, Jumat (6/9/2019).

Pihak kecamatan juga sudah melakukan sosialisi akan kewajiban kepindahan pedagang bunga jualan dari bahu jalan. Apa pun alasannya tidak boleh jualan di bahu jalan. Meski mereka puluhan tahun jualan di lokasi yang sama.

Kenapa ke Pasar Kupang? Semula para PKL pedagang kembang itu mau dipindah ke pasar terdekat di Pasar Kedungdoro. Namun karena stan di pasar ini sudah penuh sehingga dialihkan ke Pasar Kupang. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved