Berita Surabaya

Jalan Panggung Surabaya Kini Pakai Paving Jadi Mirip Kota Tua di Eropa

Pemkot ternyata juga merubah struktur jalan panggung yang awalnya aspal, menjadi batu paving yang tertata apik bermotif circle atau melingkar.

Jalan Panggung Surabaya Kini Pakai Paving Jadi Mirip Kota Tua di Eropa
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Jalan Panggung Surabaya setelah pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan paving batu, Kamis (5/9/2019). Salah satu lokasi yang rencananya akan jadi destinasi wisata kota tua di sisi Utara Surabaya ini, terus diperbaiki Pemkot Surabaya untuk menarik wisatawan dan semakin menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya merencanakan Jalan Panggung, menjadi salah satu lokasi wisata kota tua di sisi Utara Surabaya.

Berbagai persiapannya sudah berlangsung sejak lama, awal tahun 2019 lalu, sejumlah rumah kuno di Jalan Panggung berubah jadi warna-warni.

Pemkot Surabaya bekerjasama dengan beberapa perusahaan cat, bermaksud mempercantik wilayah yang punya banyak bangunan cagar budaya itu.

Dua minggu terakhir, Pemkot Surabaya memasang lampu artistik dan terkesan kuno.

Lampu-lampu itu pilihan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini secara khusus. Selain lampu yang punya kesan kuno itu, Pemkot ternyata juga merubah struktur jalan panggung yang awalnya aspal, menjadi batu paving yang tertata apik bermotif circle atau melingkar.

Tatanan paving ini menambah kesan kota tua, layaknya kota tua di Eropa.

Eri Cahyadi, Kepala Badan Perencanaan Kota (Bappeko) Surabaya menjelaskan ternyata pemavingan hannya akan dilakukan di Jalan Panggung saja, sementara untuk kawasan lain di sekitarnya, seperti Jalan Karet tetap menggunakan struktur aspal.

"Pemavingan hanya untuk Jalan Panggung karena jalan ini sudah tidak dilalui truk dan kendaraan berat lainnya. Sementara Jalan Karet sampai saat ini masih ramai untuk jalan truk dan kendaraan berat," Jelas Eri, pemavingan bertujuan untuk menambah kesan kota tua Surabaya, Jumat (6/9/2019).

Selain Penerangan Jalan Umum (PJU) dan paving di seluruh wilayah wisata kota tua di sisi Utara Surabaya, Pemkot juga membangun pedestrian untuk para pejalan kaki. Eri melanjutkan setelah perbaikan tersebut, setelah ini makin banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung,dan menghidupkan perekonomian di sana.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved