Berita Surabaya

Latihan Militer Jaga NKRI, 12.000 Personil Diterjunkan dalam Latihan Gabungan TNI

Puncak Latihan militer gabungan TNI AD, AL dan AU akan dipusatkan di Pantai Banongan dan Asem Bagus Situbondo.

Latihan Militer Jaga NKRI, 12.000 Personil Diterjunkan dalam Latihan Gabungan TNI
surya.co.id/nuraini faiq
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat mengecek kesiapan personil dalam gelar pasukan di Dermaga Koarmada II Ujung, Surabaya, Kamis (5/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan kendaraan tempur berjajar di Dermaga Ujung Komando Armada II Surabaya lengkap dengan ratusan personil dan serangkaian sistem persenjataan, Kamis (5/9/2019).

Semuanya disiapkan dalam gelar pasukan menjelang Latihan Gabungan TNI 9-12 September 2019.

Puncak Latihan militer gabungan tiga Matra yakni TNI AD, AL, dan AU akan dipusatkan di Pantai Banongan dan Asem Bagus Situbondo.

Rencananya pada puncak latihan gabungan (Latgab) TNI itu akan dihadiri Presiden Jokowi.

Tidak saja disuguhkan profesionalitas dan kemampuan anggota TNI, namun alat-alat utama sistem senjata (Alutsista) terbaik dan terbaru TNI juga akan dioperasikan.

Beberapa alutsista termasuk pesawat dan tank TNI sudah disiagakan di Koarmada II Surabaya.

"Pelaku atau prajurit yang kita libatkan dalam latgab tahun ini sebanyak 11.833 personil dari semua satuan TNI. Belum termasuk penyelenggara hingga total mencapai 12.500 personil," terang Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Andika mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi inspektur upacara dalam apel Kesiapan Manuver Lapangan Latgab Dharma Yudha 2019.

Sebanyak 12.500 personil TNI termasuk perwira akan menujukkan kemampuan mereka mengatur strategi militer saat terjadi agresi terhadap keutuhan NKRI.

Andika menegaskan bahwa Latgab TNI tahun ini mengangkat tema “Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI".

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved