Berita Surabaya

Kemenkominfo Ajak Generasi Muda Jatim Cari Kerja lewat Simonas, Pencari Kerja-Pelaku Industri Ketemu

Simomas merupakan bagian Program Digital Talent Scholarship Kemenkominfo untuk menyiapkan sumberdaya manusia dengan kemampuan digital industri 4.0.

Kemenkominfo Ajak Generasi Muda Jatim Cari Kerja lewat Simonas, Pencari Kerja-Pelaku Industri Ketemu
foto: istimewa
Menteri Kominfo Rudiantara pada peluncuran Simonas, Kamis (5/9/2019). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Kemajuan teknologi digital diharapkan mampu mengatasi masalah tingginya angka pengangguran terbuka di Jawa Timur. Kementerian Kominfo RI mengajak generasi muda untuk mencari kerja dengan mudah dengan platform digital Simonas.

Teknologi digital berdasarkan prinsip talent pool ini diharapkan bisa menjadi jalan agar generasi muda menemukan tempat untuk memaksimalkan talenta yang dimiliki dan mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Isu nomor satu di Indonesia adalah masalah talenta SDM. Microsoft, Cisco, kesulitan mencari teknisi, saya akhirnya membuat program Digital Talent Scholarship (DTS) di Indonesia. Tahun ini, kita mulai dengan 1.000 peserta yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi," ungkap Menteri Kominfo Rudiantara, Kamis (5/9/2019).

Ia menjelaskan bahwa platform Simonas itu bisa digunakan oleh pencari kerja untuk menemukan peluang kerja dan pelaku industri untuk mencari talenta digital yang dibutuhkan.

Platform ini berfungsi untuk rekrutmen tenaga kerja sekaligus sebagai national talent pool yang dapat digunakan oleh kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja.

Menurut Rudiantara, ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pun, menjadi perhatian serius pemerintah.

"Bahkan, di pesantren-pesantren kita juga ingin akrab dengan teknologi digital. Nantinya ada Balai Latihan Kerja atau BLK untuk membekali para santri dengan keterampilan teknis," tuturnya.

Tak hanya bisa dimanfaatkan pencari kerja, Simonas juga dkmanfaatkan perusahaan untuk melakukan talent scouting berdasarkan skills, lokasi, sekolah atau universitas terakhir, tingkat pendidikan, tema pelatihan DTS yang diikuti dan IPK. Terdapat fitur mail antara perusahaan dan kandidat untuk memudahkan komunikasi dalam proses rekrutmen.

Simomas merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship yang dikembangkan Kemenkominfo untuk menyiapkan sumberdaya manusia dengan kemampuan digital industri 4.0.

Disisi lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa Jawa Timur ditunjuk sebagai provinsi pilot project revolusi indsutri 4.0 di Indonesia.

"Pak Menteri Perindustrian, pekan lalu juga menyebutkan salah satu Pilot Project Revolusi Industri 4.0 adalah di Jawa Timur. Ketika kita masuk pada industri 4.0 maka kita ingin mengajak semua elemen untuk menjadi bagian dari penguatan start up, digital IT serta terwujudnya industri 4.0 di Jawa Timur," katanya.

Selain itu, program Millenial Job Center (MJC) dan East Java Super Coridor (EJSC) yang digagas Pemprov Jatim bisa dimaksimalkan agar menghadapi era industri 4.0 ini para millenial dapat memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Apa yang dilakukan Jawa Timur, kita menyiapkan eko sistem Milenial Job Center, East Java Super Coridor dan memastikan adanya mentor dari para experties dan client dari perusahaan di luar maupun di Jawa Timur," jelasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved