Layani Pemohon Kredit Motor, Pemalsu KTP Elektronik dan KK di Jombang Ubah NIK Asli

Polisi menangkap dua pria di Jombang yang melakukan pemalsuan dokumen kependudukan seperti KTP elektronik dan kartu keluarga. Begini modusnya...

Layani Pemohon Kredit Motor, Pemalsu KTP Elektronik dan KK di Jombang Ubah NIK Asli
surabaya.tribunnews.com/sutono
Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Azi Pratas Guspitu saat membeber barang bukti pemalsuan dokumen pemalsu KTP dan KK. 

SURYA.co.id, JOMBANG - Dua pelaku pemalsuan dokumen kependudukan di Jombang, Jawa Timur, mengaku kerap melayani pemesan untuk keperluan pengajuan kredit sepeda motor, Rabu (4/9/2019).

Namun, sejauh ini, belum ada satupun dari pemohon yang berhasil disetujui oleh pihak Bank, lantaran syarat yang diajukan tersebut meragukan.

Kedua pelaku, Fatkhul Dwi Rohman (32) warga Desa Denanyar, Kecamatan Jombang Kota dan Andik Zuanti (36), warga Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, Jombang. Kedua pelaku kini diperiksa intensif tim penyidik Satreskrim Polres Jombang.

Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Azi Pratas Guspitu menjelaskan, dua pelaku ini sudah menjalankan praktik pemalsuan dokumen pemerintah sekitar empat bulan.

Selama itu, mereka mengaku sudah banyak mencetak KTP eletronik dan KK palsu permintaan pemesan.

"Sejauh ini belum ada satu pun dokumen yang dipakai pengajuan kredit motor ini berhasil, belum ada yang disetujui bank. Semua gagal karena NIK tak tembus akibat diganti oleh pelaku," kata Azi kepada surya.co.id.

Azi menambahkan, keduanya berbagi peran. Andik bertindak sebagai pembuat sedangkan Fathkur pemesan.

Fathkur ditangkap terlebih dahulu di rumahnya setelah Polisi melakukan penyelidikan terkait dugaan pemalsuan dokumen negara ini.

"Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 96A jo Pasal 8 ayat (1) huruf c UU RI No. 24 tahun 2013 tentang Perubahan atas UURI No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dengan ancaman 10 tahun penjara," pungkasnya.

Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved