Berita Banyuwangi

Jalan Menjanjikan Pariwisata Banyuwangi

Banyuwangi menjadi salah satu daerah wisata yang diperhitungkan di tanah air dan mancanegara

Jalan Menjanjikan Pariwisata Banyuwangi
SURYAOnline/Haorrahman
Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu andalan destinasi wisata Banyuwangi 

Tiap hari, warung sego tempong, Mbok Nah, bisa menghasilkan rata-rata Rp 6 juta. Jumlah itu bertambah apabila ada event seperti Banyuwangi Festival, omsetnya bisa mencapai Rp 8 juta. Ini salah satu bukti pariwisata merupakan pengungkit ekonomi yang sangat menjanjikan.

SURYA.co.id l BANYUWANGI - Ke Banyuwangi tak lengkap rasanya apabila belum mencicipi sego tempong. Sajian khas kuliner kabupaten paling ujung timur pulau Jawa itu.

Tempong dalam bahasa Banyuwangi memiliki arti 'tampar'. Ini karena ketika makan sego tempong, akan merasa seperti ditampar oleh pedasnya cabai.

Sego tempong akan membawa indera pengecap menjelajahi rasa ala banyuwangian, manis, asam dan asin, sekaligus pedas yang menampar.

Salah satu warung sego tempong adalah milik Mbok Nah. Dia telah membuka warung sego tempong sejak masih berusia 20 tahun. Kini usia Rahnah nama asli Mbok Nah, telah berusia 57 tahun.

Di awal merintis warungnya masih beratapkan terpal. Beberapa lama, setelah warungnya ramai dia membeli stand yang letaknya di depan warungnya dulu.

Mbok Nah merasakan bagaimana efek pariwisata pada usaha yang dirintisnya. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Banyuwangi membuat warungnya tak pernah sepi dari pengunjung.

Tiap hari Mbok Nah membutuhkan 20 kilogram cabai untuk kebutuhan sego tempong. Omsetnya pun meningkat bisa mencapai Rp 8 juta per hari. Sungguh hasil yang menggiurkan bagi usaha warung seperti Mbok Nah.

"Kalau ada Banyuwangi Festival ya tambah banyak yang beli. Alhamdulilah," kata Mbok Nah.

Tidak hanya Mbok Nah yang merasakan berkah dari pariwisata. Saat perhelatan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), 27 Juli lalu, hanya dalam tiga hari salah satu pusat oleh-oleh di Banyuwangi, Osing Deles, mampu meraup omset Rp 450 juta.

Penonton membludak menyaksikan Banyuwangi Ethno Carnival, yang merupakan salah satu atraksi wisata Banyuwangi.
Penonton membludak menyaksikan Banyuwangi Ethno Carnival, yang merupakan salah satu atraksi wisata Banyuwangi. (SURYAOnline/Haorrahman)
Halaman
1234
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved