Berita Sidoarjo

Dandim 0816 Sidoarjo Ajak Anggota Dorong Kemajuan UMKM di Kabupaten Sidoarjo

Sekarang ini pihaknya sedang mendata pelaku-pelaku UMKM di semua wilayah di Sidoarjo.

Dandim 0816 Sidoarjo Ajak Anggota Dorong Kemajuan UMKM di Kabupaten Sidoarjo
surya.co.id/m taufik
Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ada tugas baru untuk anggota TNI di Sidoarjo. Mulai sekarang, semua anggota diminta untuk aktif membantu dan mendorong para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) di wilayahnya masing-masing agar lebih maju.

Menurut Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi, sekarang ini pihaknya sedang mendata pelaku-pelaku UMKM di semua wilayah di Sidoarjo.

"Kami juga meminta para Danramil untuk mendata UMKM di wilayahnya masing-masing. Termasuk UMKM kuliner, kerajinan, dan sebagainya," ujar Mohamad Iswan Nusi, Rabu (4/9/2019).

Selain melakukan pendataan, Kodim dan masing-masing koramil juga akan berusaha membantu mendorong pelaku UMKM agar lebih maju dan berkembang.

Caranya termasuk membantu mempromosikan ke khalayak luar, menggelar acara dengan menggandeng pelaku UMKM, membantu pemasarannya, dan sebagainya.

"Setelah semua pendataan selesai, masing-masing koramil kami minta membuat acara. Semacam bazar untuk memberi ruang dan memfasilitasi pelaku UMKM supaya lebih maju dan berkembang," lanjutnya.

Skala lebih besar, UMKM binaan nanti akan dibuatkan acara untuk tampil di tingkat kabupaten, atau bahkan sampai ke luar kota. Supaya mereka lebih dikenal.

Dandim juga mengaku bakal bekerjasama dengan dinas terkait dan pihak-pihak lain untuk turut serta mendorong kemajuan UMKM Sidoarjo.

"Program ini masuk kategori Binter Kreatif, dalam rangka membantu masyarakat agar giat memajukan produk-produk di wilayahnya.

TNI terlibat aktif dalam hal ini, mendorong masyarakat supaya lebih sejahtera.

Nah, kalau masyarakatnya sudah sejahtera, kedamaian akan terjaga," urai perwira TNI yang belum genap satu bulan menjabat di Sidoarjo ini.

Program itu juga disebutnya masuk dalam program ketahanan pangan.

Jadi, bukan hanya mendorong dan membantu di sektor pertanian saja, tapi juga ikut aktif membantu pelaku UMKM dan industri kreatif di wilayahnya.

"Untuk mewujudkan program-program itu, tentu kami butuh kerjasama dan dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah dan media massa," pungkasnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved