Breaking News:

Berita Surabaya

Besok, Premiere School of Ballet Surabaya Gelar Pentas Balet The Red Shoes, 100 Penari akan Tampil

Premiere School of Ballet Surabaya menggelar pertunjukan balet The Red Shoes Hans Christian Andersen di Ciputra Hall Performing Arts Centre besok

surya/sugiharto
Penari balet Melisa Sugianto dan Michael Wiradinata saat berlatih di Sanggar Premiere School of Ballet, Selasa (3/9/2019). Keduanya menjadi tokoh utama pada pementasan The Red Shoes karya Hans Christian Andersen di Ciputra Hall Performing Arts Centre, Kamis (5/9/2019) besok. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Premiere School of Ballet Surabaya akan menggelar pertunjukan balet The Red Shoes karya Hans Christian Andersen di Ciputra Hall Performing Arts Centre, Kamis (5/9/2019) besok. Pementasan tersebut akan ditampilakan oleh 100 penari balet.

"Ini boleh dibilang pertama kalinya di Surabaya, pementasan balet dengan naskah tersebut," kata Artistic Director Premiere School of Ballet, Sylvi Panggawean, saat ditemui di sela latihan, Selasa (3/9/2019) malam.

Sylvi menuturkan cerita tersebut terbilang tidak biasa dan jarang dipakai dalam pementasan balet di Indonesia. Menurut Sylvi, mengadaptasi cerita tersebut menjadi gerakan balet tanpa dialog adalah kesulitan pertama.

Kedua, membuat gerakan-gerakan yang indah dan pesannya mudah ditangkap oleh penonton juga menjadi salah satu tantangan dalam mengadaptasi The Red Shoes.

"Karena di Indonesia, khususnya Surabaya, ceritanya sendiri kan mungkin belum banyak orang tahu. Jadi bagaimana menyampaikan pesan cerita ini melalui balet, ini menjadi PR besar," ujar Sylvi.

Lanjutnya, berbeda dengan cerita-cerita yang sudah cukup familiar, biasanya mengolah tarian baletnya akan lebih mudah, contohnya, cerita Cinderella.

Selain menyampaikan pesan cerita dengan baik, Sylvi pun harus membuat penonton tidak merasa bosan selama 80 menit pementasan.

"Maka dari itu persiapannya sudah kami lakukan lama, sekitar tujuh bulanan, dari April 2019," papar Sylvi.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

Penulis: Hefty's Suud
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved